• (022) 6902 1117

Lima Belas Tips Membangun Startup yang Kami Peroleh Selama Satu Tahun Membangun Projects.co.id (Infographic Inside)

 

  • Published by WiroHardy
  • 23/11/2015 08:55:08 WIB

Tidak terasa Projects.co.id pada tanggal 10 November 2015 kemarin menginjak usia satu tahun. Kami membagikan catatan, harapan dan pengalaman selama satu tahun berkutat membangun startup dalam tulisan ini.

Kami juga membagikan beberapa fakta transaksi selama satu tahun ini dalam bentuk infografis.

We hope you find it useful and entertaining! :)

-------

Seperti kami baru tahu belakangan ini bahwa ternyataSaras008 adalah selingkuhan Spiderman,sebagian dari lima belas poin di bawah ini adalah hal barubagi kami. Selama satu tahun membangun startup --tepatnyamembangun Projects.co.id--, inilah lima belas tips yangdapat kami bagikan untuk Anda:

(note: kami sendiri adalah pemula dalam dunia startup. Projects.co.id adalah startup pertama kami. Tidak ada keinginan untuk menggurui, apalagi memberi kesan begitu pada artikel ini :))

  1. Startup adalah seperti seorang anak kecil: iamembutuhkan banyak waktu, perhatian dan cinta.
    Entah mengapa, sebagian startup founder memilikikecenderungan untuk (mencoba) membangun beberapa startupsekaligus. Ini adalah salah satu cara tercepat untuk gagal.Dalam hal ini, jauh lebih baik memiliki satu orang anakyang dicurahkan waktu, perhatian dan cinta 100% daripadaempat orang anak yang masing-masing hanya mendapat jatah25%.

    Membangun startup adalah full-time job.Adalah bohong jikaada yang mengatakan sebaliknya. Katanya lebih dari 80-90% startup gagal. Membangun startup dengan hanyamemberikan sisa-sisa waktu akan membuat kemungkinanberhasilnya nyaris mustahil.

    Ini seperti pacaran: Anda boleh punya banyak pacar, namundalam waktu yang berbeda. Dalam satu waktu, Anda hanyaboleh punya satu pacar.

  2. Tidak ada yang namanya produk versi final. Yang adaadalah produk versi beta, selamanya.
    Kami sering mengatakan bahwa Projects.co.id adalah betaversion, dan akan selamanya begitu. Kami menyebutnya permanent beta. Kenyataannya adalah Anda perlu selalumengembangkan produk. Tidak peduli sebagus dan sesempurna apapun, Anda akan menemukan ruang untukpenyempurnaan. Mengembangkan fitur baru, memperbaiki bugdan mengimprove fitur lama dengan flow atau businessprocess baru adalah beberapa hal yang senantiasa akan adadalam to-do list.

  3. Pastikan data Anda selalu aman.
    Konyol memang jika kehilangan data, apalagi kata "startup"berkonotasinya adalah teknologi. Jika Anda kehilangandata, maka you (startup) me (user) end. Satu-satu penyelamatketika bencana ini datang adalah ketersediaan data backup.

    Jika Anda mengikuti kami sejak awal, Anda pasti tahu kamipernah mengalaminya pada Mei 2015. Kejadian konyol (danbodoh) itu hampir membuat Projects.co.id lenyap dari mukabumi selamanya.

  4. Startup adalah bisnis dan seperti bisnis apapun, ketika bisnisAnda "stabil", bisnis Anda mati.
    "Bro, gimana bisnis?"
    "Bagus, stabil"

    Kenyataannya adalah bahwa di dalam bisnis, tidak ada istilah "stabil." Yang ada hanyamaju atau mundur, berkembang atau mati."Stabil" dalam bisnis berarti mundur. "Stabil" terlalu lamaberarti mati. Ketika Anda "stabil" dan diam, kompetitorAnda bergerak. Seringkali segala sesuatu terlambat ketikaAnda menyadarinya.

  5. Mulai dari masalah yang Anda hadapi sendiri di dunianyata.
    Founder Projects.co.id dulunya adalahfreelancer di platform freelancing luar selama lebih darisatu dekade. Ia pernah menjadi top 2% elite coder duniasebelum memutuskan untuk membangun platform freelancingnyasendiri.

    Berbekal berbagai pengalaman inilah, ia bertekad untukmembangun sebuah marketplace untuk project dan produkdigital yang memanfaatkan kelokalan. Ia percaya bahwaaturan yang fair, kemudahan proses pembayaran, ketersediansupport serta sistem yang handal adalah kunci darikesuksesan sebuah marketplace.

  6. Kredo "if you build it, they will come" adalah salah.
    Dulu kami berpikir jika kami membuatnya, pengguna akansecara otomatis berbondong-bondong datang. Kenyataannyaadalah tidak. Pengguna perlu dicari dan dipertahankan, danitu bukan perkara gampang.

    Di awal-awal Projects.co.id berdiri, ada point di ToS yang
    menyebutkan bahwa Anda TIDAK BOLEH membuat project (mencarifreelancer) untuk membuat platform freelancing sepertiProjects.co.id. Hal ini tidak berlaku lagi sekarang:silahkan memasang project ingin membuat platformfreelancing. Selama tidak menyebutkan "merk", project Anda akandipublish. Perubahan kebijakan ini adalah akibat perubahanpola pikir kami bahwa mampu membangun produk adalah satuhal, namun membuat user ingin menggunakannya (dan inginmenggunakannya terus menerus) adalah hal yang berbeda.

  7. Startup adalah bisnis dan bisnis adalah perlombaanmarathon, bukan lomba sprint 100 meter.
    Juny Acong Maimun, founder Indowebster mengatakannyadengan sangat baik: "Saran terbaik saya: bertahan hidup!Jika Anda terus bertahan untuk beberapa tahun pertama, makaAnda dapat beradaptasi dengan pasar dan menemukan modelyang baik untuk Anda.

    Sebagai startup yang mengandalkan 100% bootstraping, kamisangat menghargai setiap sen pengeluaran. Berusaha untukdon't die dan terus ada dalam permainan selama mungkin adalah salah satu strategi terbaik kami.

    "Pesta" (jika dapat disebut begitu) ulang tahun pertamaProjects.co.id tanggal 10 November 2015 kemarindilangsungkan di sebuah kafe di Bandung dan menghabiskanhanya satu jutaan rupiah. Dan we should say: it's a goodway to spend money.

  8. Bangun MVP, atau tepatnya: bangun MLP, dan luncurkan segera.
    Salah satu kesalahan terbesar kami adalah menghabiskanwaktu terlalu lama dalam pengembangan awal. PT PanonpoeMedia (holding Projects.co.id) dibentuk pada awal 2012,namun pengembangannya baru dimulai awal 2013. Dua puluh duabulan kemudian, tepatnya 10 November 2014, barudiluncurkan.

    Jika saja diluncurkan lebih cepat, kami dapat memilikimasukan dari pengguna lebih cepat sehingga pengembanganproduk dapat lebih terarah.

    Seharusnya kami meluncurkan MVP (Most Viable Product, versiminimal produk) terlebih dahulu. Lebih tepatnya mungkin MLPalias Most Loveable Product. Artinya, janganmentang-mentang versi minimal dan ingin melaunching secepatmungkin, MVP yang di-release tidak dapat digunakanatau banyak sekali bug. Jika produk akhir Anda adalahsebuah mobil sport, MLP Anda adalah sebuah sepeda, bukanseonggok besi dengan dua buah roda yang tidak berfungsi.

    Dulu kami menghabiskan terlalu banyak waktu untuk memolesini itu dan berharap ketika dilaunching, produknya sudahsempurna. Kenyataannya, tidak ada produk yang sempurna,bukan? Jangan lakukan kesalahan yang sama ya :)

  9. Menjawab pertanyaan: "sebenarnya berapa jam dalamseminggu sih kamu bekerja?" tergantung pada definisi"bekerja".
    Kecuali Anda dapat dengan tepat mendeskripsikan arti kata"bekerja", akan sulit menjawab pertanyaan ini. Apakah hanyaduduk di depan komputer yang dianggap bekerja? KenyataannyaAnda mungkin sedang memikirkan strategi terbaik saat sedangmenyetir, sedang makan siang, sedang mandi ataupun sedangdi dalam lift. Anda mungkin juga sedang me-reply pertanyaanuser di contact form pada pukul 04:00 melalui smartphone.

    Entrepreneur adalah orang yang memilih bekerja 80 jamseminggu demi menghindari bekerja 40 jam seminggu. Sebuah ironi, bukan?

  10. Alasan yang salah dalam membangun startup.
    Memang, startup adalah bisnis, dan salah satu tujuan utamamembangun bisnis adalah mendapatkan (banyak) uang. Namunmembangun startup demi hanya mendapatkan banyak uang adalahalasan yang keliru. Startup seharusnya menyelesaikanmasalah nyata yang dihadapi banyak orang. Bonus darikemampuan atau produk Anda menyelesaikan masalah yangdihadapi banyak orang tersebut adalah mendapatkan uang.

    Salah satu alasan paling keliru yang pernah ada adalah membangun startup untuk mendapatkan uang investor dan mengaji tinggi diri sendiri (dan juga mengaji tinggi para founding member lainnya). Oh yeach, give me a break!

  11. Jaga selalu kekompakkan tim. Rayakan setiap kemenangan.
    Meskipun kita seringkali belajar (jauh) lebih banyak darikesalahan dan kekalahan, adalah jauh lebih umum yangdirayakan adalah kemenangan dan keberhasilan. Entah Andamemilih untuk merayakan kesalahan ataupun keberhasilan,perayaan selalu merupakan hal yang bagus. Merayakan sesuatubersama-sama membuat ikatan (bonding) seluruh anggota timmenjadi lebih kuat. Chemistry-nya juga lebih dapet.

    Menjaga kekompakkan tim adalah hal yang wajib karena salah
    satu alasan terbesar startup gagal adalah akibat perpecahantim, terutama perpecahan founding member.

  12. Jangan terlalu cepat melakukan scaling.
    P
    remature scaling adalah salah satu penyebab utama gagalnyasebuah startup.

    eBay adalah shark in the ocean dan Alibaba adalah crocodile
    in the Yangtze River. Setidaknya Anda perlu menjadi rajabuaya kecil di got terlebih dahulu sebelum memutuskan untukmulai berenang di sungai, apalagi di tengah samudera.Bernafsu melakukan scaling terlalu cepat akan membunuhstartup Anda.

  13. Adalah penting mendapatkan (banyak) pengguna, tetapipastikan mereka bertahan.
    Pengguna tidak datang sendiri. Biaya yang dikeluarkan untukmendapatkannya terkadang tidak sedikit, jadi ketika merekasudah menjadi pengguna Anda, pastikan mereka mendapatkanapa yang mereka butuh. Layani dengan baik. Dapatkanfeedback. Lakukan follow-up.

    Follow-up yang konsisten akan memperkuat trust. Untuk melakukan follow upsecara otomatis, gunakan autoresponder semacam Aweber atauGet Response atau Anda dapat mengembangkan sendiri sesuaikebutuhan.

    Tidak lama lagi kami akan menggunakan sistemfollow-up otomatis yang kami kembangkan sendiri. Tidaklebih baik dan lebih lengkap daripada autoresponderkomersil, namun sesuai dengan kebutuhan :)

    Adalah penting membangun komunikasi dengan user, membangun komunitas dan bahwa kita mengenal mereka secara personal.

  14. Fokus pada membangun bisnis, bukan pada mencariinvestor.
    Anda mungkin tidak setuju dengan kami mengenai hal ini,tapi hingga saat ini kami yakin dan percaya bahwa caraterbaik untuk memulai startup adalah melakukanbootstrapping terlebih dahulu.

    "Mencari investor" adalah another full time job. Itu adalahpekerjaan yang menghabiskan banyak waktu, fokus dan energi. Fokuslah pada membangun bisnis (dan produk Anda).

    Ketika pada akhirnya Anda memutuskan untuk menerimainvestasi untuk membuka pasar baru ataupun untuk growth yang lebih cepat, perlakukanlah uang investor seakan-akan Tuhansendirilah yang menandatangani ceknya: perlakukanlah denganhormat dan jangan menghambur-hamburkannya tanpa tujuan.Kebiasaan melakukan bootstrapping akan membantu Anda untuklebih menghargai uang.

  15. Pelajari angka dan statistik startup Anda.
    Berapa repeat customer rate? Berapa purchase frequency?Berapa tingkat burn rate Anda? Berapa lama lagi uang Andaakan habis? Dalam kasus Projects.co.id: berapa % jumlahorder yang bernilai <= Rp 100.000? Berapa % total incomekita dari order bernilai kurang dari Rp 100.000 ? Jikatidak signifikan, bagaimana jika digratiskan saja fee untukorder dengan nilai tersebut? Jika iya, apa penggantinya?

    Akan akan lebih mudah menjawab pertanyaan dan mengambilkeputusan ketika Anda dapat mengakses data tersebut denganmudah.

    Beruntung kami telah mengembangkan dashboard yang dapat melihat dengancepat (hampir) semua informasi yang dibutuhkan, dariperkembangan jumlah user setiap harinya, berapa user yang"datang sendiri", berapa yang dari affiliate, berapa jumlahorder dan fee hari ini, bulan ini, year to date, berapabuah project yang dipost hari ini, berapa total nilainyahari ini, dll:



    20151121565046884bf2e.jpg



  16. 20151121565042df1bcc4.jpg


    20151121565042f631337.jpg


    201511215650430a90a38.jpg



Satu tahun Transaksi Projects.co.id dalam Infografis
Inilah infografis transaksi satu tahun Projects.co.id:


infografis-1-tahun_3%204.png




Pengembangan Mobile Apps
Cukup banyak teman-teman pengguna setia Projects.co.id yangmenantikan direleasenya aplikasi versi Andriod dan iOS.

Kabar baiknya: sedang dikerjakan. Kabar buruknya: belumjadi :D

Ini beberapa screenshot-nya:


2015112356526f820ba55.jpg

2015112356526fe722f92.jpg




Final Thought
Salah satu hal terindah dalam hidup adalah"kemampuan" untuk "menghabiskan waktu" mengerjakan hal-halyang kita cintai. Mengejar mimpi. Melakoni passion. Meskipun hasil akhir dari melakukan itu dapat luar biasa,tapi yang menurut kami yang paling penting adalahprosesnya, perjalanannya. Harus diakui bahwa perjalanansatu tahun membangun Projects.co.id dan melayani Andaterkadang berliku dan tidak mulus, kamibahagia melakukannya.

Terima kasih telah menjadi pengguna Projects.co.id. Mungkinterdengar klise karena entah sudah berapa banyak kali Andamenerima "terima kasih" hari ini, tapi ini diucapkan daridasar hati kami yang paling dalam.

Stay with us. Mari kita bersama-sama membangun platformfreelancing terbaik di Indonesia. Mari kita bersama-samamembangun masa depan dunia kerja yang lebih baik.

We live. We make mistakes. We learn. Mari tetap hidup untukfight pada another day for a better tommorow!


Punya saran? ide? kritik? Atau ada yang ingin disimpaikan? Silahkan mengomentari tulisan ini ya :)

Jika Anda menyukai tulisan ini, LIKEfacebook page Projects.co.id dihttps://www.facebook.com/ProjectAndDigitalMarketplaceIndonesia dan follow twitter @projectscoid ya :)

Comments

 


Live Chat