• (022) 8788 2588

Pengalaman Jadi Freelancer di Projects.co.id

 

  • Published by heru
  • 16/06/2016 09:37:52 WIB
Pengalaman Jadi Freelancer di Projects.co.id

Saya ingat betul di mana pertama kali mengenal Projects.co.id. Waktu itu, sekitar bulan November tahun 2014, saya sedang iseng-iseng mencari informasi pekerjaan penulis lepas di Kaskus, tiba-tiba saya menemukan sebuah thread yang berisi tentang sebuah project penulisan. Thread di sana ternyata bersumber dari sebuah website khusus para freelancer. Sebelumnya saya sudah sempat mendaftar website sejenis lainnya, tapi menurut saya Projects.co.id lebih gampang digunakan. Akhirnya nggak mau buang waktu, saya langsung register.

Setelah register, saya coba-coba scrolling beberapa project. Ternyata banyak project yang cocok untuk saya. Saya pun langsung mencoba apply. Beberapa kali mencoba, ternyata gagal. Saya selalu mendapatkan e-mail dari Projects.co.id yang menyatakan bahwa project tersebut telah diisi oleh worker lain, alias saya ditolak. Tapi akhirnya saya mencoba untuk membuat bid yang menarik untuk calon owner. Baca-baca tips yang disajikan dari Projects.co.id, kemudian mencoba merangkai kata-kata sendiri. Sampai akhirnya 'bid' saya cukup ampuh menarik hati para owner.

Isi bid sih pertama jelas memperkenalkan diri dulu, sebutkan saya siapa, saya ini berprofesi sebagai apa, mempunyai skill apa saja. Baru disambungkan dengan project yang dia minta. Sebisa mungkin sambungkan skill kita dengan project yang owner minta. Bilang kalau kita bisa kasih solusi dengan skill yang kita miliki. Terus jelaskan gimana cara kita menyelesaikan project tersebut. Kalau bisa sih kasih garansi juga, misalnya garansi revisi beberapa kali. Intinya jangan pernah nge-bid asal dengan bunyi, "Saya siap mengerjakan procet ini". Sudah begitu saja, selesai. Tentu saja owner nggak bakalan percaya dengan kita kan? Isi bid kita aja nggak jelas. Saya sempat pasang project dan jadi owner di Projects.co.id. Dan saya sempat agak kesal juga karena banyak banget worker yang menuliskan bid seperti itu hehehe. Tapi perlu diingat bahwa setiap owner memiliki karakter yang berbeda-beda. Jadi sesuaikan saja dengan permintaannya di project yang mereka tulis.

Awalnya saya memang pasang harga yang cukup murah untuk jasa yang saya tawarkan. Saya sempat kecewa karena beberapa kali ditolak oleh owner karena menurutnya harga saya terlalu mahal, kemudian mereka lebih memilih worker lain hanya karena harganya yang lebih murah. Oke, waktu itu pikir saya tidak apa-apa pasang dengan harga lebih murah dulu. Yang terpenting saya bisa mendapatkan project dulu, lalu portfolio saya bisa lebih banyak. Nanti kalau portfolio sudah banyak, saya bisa memilih project dengan harga yang wajar atau bahkan tinggi. Ternyata cara ini cukup ampuh juga.

Saya ingat klien pertama saya di Projects.co.id merupakan seorang CEO startup yang berada di Bandung. Waktu itu beliau sangat puas dengan kinerja saya, kemudian saya mendapatkan bintang lima dari beliau. Setelah itu, si klien meminta saya untuk memperpanjang project tersebut. Akhirnya berlanjut sampai empat sesi project. Setelah project pertama ini, saya pun semakin giat untuk mencari project-project lain. Syukur lah saya bisa mendapatkan banyak project lainnya.

Bisa dibilang bahwa Projects.co.id cukup berperan dalam karir saya di bidang kepenulisan. Awalnya saya cuma penulis zine di beberapa portal online lokal sembari bekerja full time menjadi content writer di sebuah startup demi berjuang masuk kuliah waktu itu. Setelah mendapatkan banyak project dari Projects.co.id, nama saya pun semakin banyak dikenal. Akhirnya saya bisa mendapatkan banyak project dari website sejenis Projects.co.id lainnya, kemudian mendapatkan project secara offline juga. Kebanyakan klien saya mengetahui saya memang dari Projects.co.id, walaupun pada akhirnya ada juga yang mengajak kerja sama secara personal dan tidak melalui sistem di Projects.co.id.

Tidak hanya itu saja, saya pun mendapatkan teman-teman baru yang juga berkecimpung di dunia freelancer. Ada yang menambahkan pertemanan di Facebook, ada juga yang langsung mengirimkan personal chat di WhatsApp. Mereka sering mengajak saya untuk sharing seputar dunia freelance atau startup. Menyenangkannya lagi, saya mendapat banyak kenalan beberapa founder startup juga. Bahkan ada juga co-founder sebuah startup yang memberikan saya pekerjaan secara remote hingga saat ini dengan sistem gaji bulanan. Sang co-founder mengatakan kalau co-founder Projects.co.id lah yang merekomendasikan saya untuk menjadi copywriter startup tersebut :) Thank you, om Wiro! Hehehe.

Mengenai Projects.co.id, menurut saya ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh website yang satu ini. Pertama, sistem di Projects.co.id itu telah terbukti aman, di mana kedua pihak antara owner dan worker akan sama-sama diuntungkan. Sistemnya juga sangat transparan. Penggunaanya juga mudah dipahami, baik menurut segi desain dan bahasa. Projects.co.id sangat bercirikan "Indonesia". Kita bisa lihat saja dari kode captcha yang dimasukkan saat memberikan bid, pasti selalu tentang hal-hal yang berbau Indonesia kan? Hehehe. Lalu saya suka dengan respon tim Projects.co.id yang cepat dan tanggap. Bahkan tim dari Projects.co.id banyak yang ramah-ramah :) Saya juga sempat dikasih kesempatan kultweet pengalaman oleh admin Projects.co.id di Twitter. Yang terakhir, saya suka sistem pembayarannya yang cepat. Kalau hari itu kita meminta pencairan dana, maka hari itu juga dana kita langsung cair.

Itu tadi sekilas pengalaman saya mengenal dan menggunakan Projects.co.id. Jujur saja, situs yang satu ini memang sudah cukup membantu saya dalam meningkatkan karir saya di dalam dunia kepenulisan. Melalui Projects.co.id saya akhirnya kebajiran project, terkadang saya sampai kewalahan juga. Karena kebanjiran project, akhirnya pundi-pundi uang saya pun bisa terkumpul untuk membiayai kuliah sendiri, bahkan membiayai hidup sendiri juga. Nggak perlu ngerepotin orang tua lagi. Semasa awal daftar Projects.co.id memang niatnya untuk mencari tambahan biaya kuliah yang sempat terpending. Selain itu, teman-teman saya pun banyak yang terinspirasi dari pengalaman saya menjadi freelancer di Projects.co.id ini. Akhirnya mereka banyak yang mencoba juga, dan akhirnya ada juga yang nyantol di beberapa project. Ikut senang juga mereka bisa dapat penghasilan tambahan juga.

Akhir kata, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada om Wiro Hardy serta seluruh tim Projects.co.id. Sukses selalu untuk Projects.co.id!

Cynthia Cecilia
Ini adalah Guest Post

Disclaimer: Pendapat dan pernyataan yang dibuat dalam artikel tamu ini adalah dari penulis dan bukan dari Projects.co.id (PT Panonpoe Media) secara keseluruhan. Hak cipta tetap dengan penulis dan kewajiban yang berkaitan dengan pelanggaran hak kekayaan intelektual tetap dengan mereka. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas kesalahan, kelalaian atau representasi. Penulis mengijinkan Projects.co.id untuk membagikan tulisan ini dengan tetap menyertakan nama penulis.

Comments