• (022) 8788 2588

Fieldma - Field Management Assistant

 

Field Management Assistant atau Fieldma adalah software perhitungan kontrak migas. Program ini dipergunakan untuk memudahkan pemakai dalam melakukan perhitungan arus kas (cash flow) suatu usaha pengelolaan lapangan migas. Kerumitan perhitungan akan menjadi lebih sederhana dengan bantuan software ini, sehingga pemakai dapat melakukan analisa secara cepat dan tepat. Analisa sensitivitas juga dapat dilakukan dengan software ini, sehingga pemakai dapat langsung melihat perbandingan dari setiap hasil perhitungan dengan merubah nilai beberapa variabel dan mempertahankan variabel yang lainnya.

Sistem perhitungan yang bisa digunakan dalam software ini terdiri dari Own Operation, Production Sharing Contract (PSC), Joint Operation Agreement/Body (JOA/JOB), Technical Assistance Contract (TAC), Cost And Fee, dan beberapa turunannya.

Own Operation adalah usaha pengelolaan lapangan migas langsung dilakukan oleh Pihak Pertama (Pertamina) selaku “pemilik” dan tidak melibatkan mitra kerja lain (kontraktor), sehingga tidak perlu dilakukan “sharing” antara Pertamina dengan kontraktor.

PSC (Production Sharing Contract) adalah sistem kontrak pengusahaan migas dengan kompensasi berupa bagi hasil antara Pemerintah dan Kontraktor yang diambil dari setiap produksi/revenue setelah dikurangi recoverable cost.

TAC (Technical Assistance Contract) adalah sistem perhitungan bagi hasil yang dilakukan antara Pertamina dengan Kontraktor di lapangan – lapangan tua yang sebelumnya “dikuasai” Pertamina. Sedangkan JOA/JOB (Joint Operating Agreement/Body) adalah sistem perhitungan bagi hasil antara Pertamina dengan Kontraktor di lapangan yang “dibiayai bersama” antara kontraktor dan Pertamina, namun biaya yang dikeluarkan oleh Pertamina merupakan hutang kepada kontraktor yang di-”reimburse” (diganti kembali) dari bagian produksi Pertamina. Adapun Cost and Fee adalah kontrak usulan sebagai alternatif dari PSC, dimana kontraktor mendapatkan kompensasi berupa Fee dari setiap Recoverable Cost yang dikeluarkannya.

Dengan berlakunya otonomi daerah yang dituangkan dalam UU No. 22 dan No. 25 tahun 1999, perolehan pemerintah pusat sebagian harus disisihkan sebagai hak pemerintah daerah. Karena semua perolehan pemerintah daerah diambilkan dari bagian pemerintah pusat, maka bagian kontraktor sama sekali tidak terpengaruh.


Features

Field Management Assistant dibuat sesederhana mungkin agar dapat digunakan oleh pengguna komputer yang masih awam. Menu dan disain-nya yang sederhana dan intuitif diharapkan dapat membantu para pengguna awam dalam melakukan perhitungan kontrak perminyakan.


Simulasi Monte Carlo

Simulasi yang tidak mungkin dilakukan di masa lalu karena melibatkan ribuan bilangan acak dan ribuan pengulangan perhitungan, kini dimungkinkan dengan semakin majunya teknologi komputer. Simulasi ini  dapat menguji model konreak dengan ribuan skenario untuk mengetahui layak tidaknya model tersebut.

features_montecarlo.jpg

(klik gambar untuk memperbesar)


Microsoft Excel™ Compliant

Banyak fasilitas editing Fieldma yang diadopsi dari software spreadsheet terkenal ini. Fasilitas ini akan memudahkan migrasi para praktisi perminyakan yang selama ini banyak memakai Excel untuk berpindah ke software ini. Tak hanya itu, data hasil perhitunganpun dapat di-export langsung ke Excel. Grafik, tabel dan lain-lain dapat pula di-copy and paste ke software lain, seperti MS Word, Paint, Photoshop, dsb.

features_excel


Minyak & Gas

Fieldma mampu melakukan perhitungan kontrak untuk lapangan minyak, lapangan gas atau gabungan keduanya. Lebih jauh lagi, hasil perhitungan dapat ditampilkan dalam berbagai macam modus:   ditampilkan masing-masing secara paralel,  ditampilkan masing-masing namun indikator ke-ekonomian dihitung secara tergabung, atau hanya ditampilkan bagian minyak atau gasnya saja.

features_minyakgas


Spider Diagram

Spider Diagram adalah alat uji komprehensif suatu proyek yang lazim digunakan oleh praktisi maupun akademisi di bidang migas. Seluruh aspek dari proyek dapat dianalisa dan ditampilkan dalam satu diagram.

features_spider


Bagi Hasil Pemerintah Pusat & Daerah

Fieldma dilengkapi dengan fasilitas tabel bagi hasil untuk Pemerintah Pusat & Daerah sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Pada era otonomi daerah saat ini, perhitungan bagi hasil migas menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui daerah. Dengan bantuan Fieldma, pihak perusahaan dapat memberikan informasi yang lebih detil tentang bagian daerah yang akan diterimanya dari kontrak ini, tanpa perlu bersusah-susah melakukan perhitungan lebih lanjut. Dengan demikian, perusahaan pun akan menjadi semakin harmonis dan sinergi dengan Pemerintah Daerah setempat.

features_bagihasilkurs 


Tabel Budget

Fieldma dilengkapi dengan tabel budget dalam pengisian data yang akan memudahkan penggunanya untuk melakukan perhitungan berbasis proyek.

features_budget


Save To File

Software perhitungan serupa Fieldma hampir semuanya menggunakan database server untuk penyimpanan datanya. Ini menyebabkan harga  software menjadi mahal karena anda harus pula membeli lisensi third-party software seperti MS-SQL yang harganya ribuan dollar.

Di samping itu, proses perhitungan menjadi lebih lambat karena ada beberapa layer aplikasi. Sebaliknya, Fieldma memiliki native file format tersendiri, sehingga tidak dibutuhkan database,  runtime library atau third-party lainnya. Semuanya semudah anda membuat dokumen Word dan menyimpannya di harddisk.

features_file 


Analisa Sensitivitas & Multi Sensitivitas

Fieldma dilengkapi dengan fasilitas uji sensitivitas yang lengkap, sensitivitas tunggal maupun multisensitivity. Fasilitas ini akan memudahkan para praktisi migas untuk melakukan antisipasi terhadap resiko dan ketidakpastian yang bakal terjadi.

features_sensitivitas

features_multisens


Proses Perhitungan Extra Cepat

Anda yang terbiasa memakai software lain dalam melakukan perhitungan serupa akan kagum dengan kecepatan Fieldma dalam mengolah data. Tidak ada proses yang rumit dan bertele-tele. Semuanya secepat meng-klik mouse anda.

Cashflow Analysis Risk Analysis

Screenshots

Trial Version:
Fieldma.exe

Buyer Reviews

 

No record found.

 

Comments


alvin.burhani
Kota Jakarta Timur

Software Business Analysis untuk Industri Minyak & Gas yang bagus, dan harga terjangkau. Buatan anak bangsa. Semoga lancar penjualannya, dan salam kenal... saya suka softwarenya, tahu pentingnya aplikasi tersebut, namun memang bukan seorang pengguna. Bagus!


Selamat siang Bapak. Saya mau menanyakan tentang perpanjangan software fieldma bagaimana caranya? Support sistemnya tidak dapat dihubungi. Saya menggunakan versi trial untuk gambaran tentang aplikasi keekonomian migas yang akan saya buat untuk Tugas Akhir saya. Apabila berkenan, saya membutuhkan nomor registrasi baru untuk perpanjangan software, kalau bisa digunakan untuk beberapa bulan.Terimakasih.


Total Rows: 2 ‐ Showing Page 1 of 1

Write a Comment


Tulis nama ini. Tidak Terbaca?

KoronxLezat
Kab. Bandung
    
0.00/10.00 (1 sales)
#16 dari 66,906