Membangun Proxy Server untuk Warnet & RTRW Net di Ubuntu 14.04 Server

 

Penjelasan Squid Proxy Server

Proxy Server adalah server yang bisa menginspeksi setiap data-data atau konten para klien di jaringan. Salah satunya yaitu bisa menyimpan konten-konten hasil browsing, download, maupun streaming yang dilakukan oleh suatu klien ke dalam harddisk lokal si server proxy ini sendiri. Istilahnya adalah caching.

Setelah data ini berhasil di caching/disimpan, maka jika ada klien berikutnya yang ingin mengakses data atau konten yang sama (misal halaman video youtube dengan judul yang sama), maka klien tidak perlu lagi mendownload dari server youtube di internet, melainkan langsung dari harddisk lokal Proxy Server. Efeknya adalah bandwidth internet yang seharusnya terpakai untuk mendownload konten tersebut menjadi tidak terpakai dan jadi bisa dialokasikan untuk kebutuhan klien yang lain. Bandwidth internet kita menjadi lebih irit.

Selain itu karena pengaksesan konten langsung dari harddisk lokal Proxy Server, maka kecepatan aksesnya pun secepat kecepatan jaringan lokal. Yaitu kira-kira 100Mbps. Bayangkan kalian bisa akses video youtube secepat 100Mbps!

Jika di analogikan ibaratnya ketika kita ingin membeli buku di gramedia. Awalnya kita harus beli sendiri ke gramedia yang jaraknya jauh dari rumah. Misal makan waktu 1 jam. Nah berikutnya ada kakak kita yang juga mau baca buku yang sama dengan punya kita. Daripada kakak kita repot-repot ke gramedia lagi, cukup baca aja buku yang sudah kita beli. Menghemat bensin dan tenaga, dan juga lebih cepat.

Dengan menggunakan Proxy Server, diklaim jaringan kita akan lebih irit bandwidth sebesar 20% - 60% tergantung dari sebagus apa spek perangkat servernya dan konfigurasi Proxy Servernya. Dengan keuntungan yang bagus ini, Proxy Server sering di implementasikan di jaringan-jaringan yang biasanya kurang cepat internetnya. Seperti di warnet, RT/RW Net, hingga kantor-kantor dan sekolah.

Salah satu aplikasi untuk membangun Proxy Server ini adalah Squid. Squid ini sudah cukup terkenal di seantero jagat dunia per-proxyan. Karena memang kemampuannya yang handal dan juga konfigurasinya cukup mudah.

Finish Days: 2

Linux Linux Programming

Screenshots

 

No record found.

 

  Rp 500,000
Contact Seller & Deal



Mrlim2207
    
0.00/10.00
No Ranking

 

No record found.

 


 

No record found.