• (022) 8788 2588

Miftah Afif Mahmuda (afif.mahmuda)

 

 

Nama saya Miftah Afif Mahmuda, lebih akrab dipanggil Apip. Saya lahir di Pangkalanbun, sebuah kota kecil di Kalimantan Tengah, pada 18 April 1991. Selain saya, Ayah dan Mamak—yang saat ini berdomisili di Gresik, juga memiliki dua anak laki-laki yang merupakan adik kandung saya; Ading dan Jidan. Ading adalah panggilan khas dayak yang berarti ‘adik’, sedangkan Jidan berasal dari Zaidan. Saat ini, saya tinggal di Yogyakarta bersama istri tercinta.

Sekolah pertama saya adalah sebuah taman kanak-kanak sebelah rumah. TK Aisyiyah Bustanul Athfal BP. Wetan, namanya. Karena lokasi TK yang tepat di sebelah rumah saya, semasa TK, saya tidak diberi uang saku ataupun bekal. Bila lapar, tinggal pulang dan minta makan. Pendidikan sekolah dasar saya tempuh ketika mencapai usia 6 tahun. Saat itu saya bersekolah di SDN Sidokumpul 2 Gresik. Kata Ayah dan Mamak, saat masih TK hingga lulus SD, salah satu hobi saya yang paling sering muncul adalah mencoret-coret tembok rumah. “Nggak ada satupun tembok rumah yang bersih,” kata Ayah setiap kali bercerita soal masa kecil saya di BP. Wetan.

Memasuki usia remaja, saya disekolahkan di SMP Muhammadiyah 12 GKB. Saat itu, sekolah ini masih baru berdiri. Saya saja adalah siswa angkatan ketiga. Sekolah saya saat itu masih sangat kecil. Laboratorium biologi dan ruang komputer saja belum ada, apalagi ruang kelas ber-AC. Saat ini, SMP Muhammadiyah 12 GKB termasuk sekolah favorit di Gresik. Popularitas dan kualitasnya bahkan menyamai SMPN 1 Gresik.

Dimulai dari usia 15 tahun, saya menempuh pendidikan di SMA 1 Gresik. Sejak kecil, saya selalu menjadi siswa yang biasa-biasa saja secara akademis. Tapi secara sosial, saya memiliki kecerdasan yang tinggi. Dibuktikan dengan kemampuan saya memimpin organisasi Taruna Melati semasa SMA. Selain itu, saya juga menjadi desainer majalah sekolah INSPIRASI. Pada masa SMA inilah bakat desain saya mulai dilatih secara serius.

Selulusnya dari SMA, saya kemudian berkuliah di Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual. Tidak seperti cerita yang beredar, saya berhasil masuk ISI Jogja tanpa ada kesulitan apapun. Saya lolos seleksi tanpa hambatan, dan tentu saja tanpa uang sogokan.

Di kampus seni ini, saya semakin mendalami dunia desain komunikasi. Saya belajar bahwa desain adalah cabang seni yang fungsional; setiap karya yang dihasilkan harus dapat memecahkan sebuah permasalahan. Disini, kecerdasan saya tertantang. Saya mulai mencoba mengerjakan pesanan media-media promosi dan komunikasi merk dari klien yang berasal dari berbagai daerah dan memiliki bermacam-macam produk. Koneksi kerja saya pun semakin meluas. Hingga saat ini, saya masih terus menerima pengerjaan desain sebagai freelancer. Setelah melewati masa skripsi yang berat dan penuh tekanan, saya akhirnya lulus dengan IPK yang cukup tinggi. Sayangnya, saya tidak bisa mengikuti seremoni wisuda karena sedang sibuk mengurus pernikahan. Meskipun begitu, saya tetap mendapatkan ijazah.

Menurut teman-teman, saya adalah orang yang sangat mudah bergaul dan humoris. Beberapa kali orang yang baru kenal mengira profesi saya adalah penyiar radio karena suara dan logat bicara saya yang ramah dan hangat. Saya termasuk orang yang mudah akrab dengan orang lain dan sangat terbuka. Salah satu nilai plus saya adalah sifat mudah tersenyum. Saya menyukai orang-orang yang terbuka dan murah senyum. Saya kurang menyukai  orang-orang yang senang membanggakan harta miliknya.

Ketertarikan saya di dunia pendidikan anak dimulai ketika salah seorang sahabat karib saya menawari pekerjaan sebagai pengampu ekstrakurikuler melukis di Sanggar Dua Belas. Lewat sanggar inilah saya diarahkan untuk mengajar taman kanak-kanak mulai dari Bantul hingga ke Kaliurang. Pengalaman saya mengurus adik-adik kandung dan kemampuan komunikasi yang ditempa melalui presentasi-presentasi dihadapan klien membuat saya percaya diri mengajar anak-anak kecil.

Hobi saya sejak kecil adalah membaca buku apa saja. Saya suka membaca buku-buku karangan Andrea Hirata dan Dewi “Dee” Lestari. Dwilogi Padang Bulan dan Supernova adalah karya mereka yang paling saya sukai. Selain itu, saya sangat suka menonton film. Film serial seperti “Game of Thrones” dan “The Walking Dead” kerapkali menjadi santapan malam saya hingga dini hari.

Demikianlah deskripsi singkat atas diri saya. Saya adalah orang yang cenderung mengingat-ingat kesalahan pribadi di masa lalu agar di masa depan, saya tidak terperosok ke dalam lubang yang sama.

Terima kasih.

Advertising Design Arts CorelDRAW Adobe PhotoShop Adobe Illustrator Microsoft PowerPoint Microsoft Office Microsoft Word Microsoft Excel

  Hire Me
Make a Private Project


  Invite to Bid
Existing Projects


Display Name: Miftah Afif Mahmuda
User Name: afif.mahmuda
Account Type: Personal Account
Date Registered: 19/02/2015 09:36:35 WIB
Provinsi: Jawa Timur
Kabupaten: Kab. Gresik
Website: www.facebook.com/mahmudavisual
Online Hours: 0.55
Projects Completed: 0
Current Projects: 0
Last Seen: 08/05/2015 19:40:03 WIB

Ratings & Rankings

As Worker
    
0.00/10.00
0 Point
#7,131 dari 66,951
0 Projects
As Owner
    
0.00/10.00
0 Point
#7,811 dari 66,951
0 Projects
As Seller
    
0.00/10.00
0 Point
#5,758 dari 66,951
0 Sales
As Affiliate
    
0.00/10.00
0 Point
#5,773 dari 66,951
0 Users

 

Services

 

No record found.

 

 

Products

 

No record found.

 

 

Portofolio

2014: Some of my personal freelance portfolio from various client. Check link for more of my works.

 

Peer Reviews as Worker

 

No record found.

 

 

Peer Reviews as Owner

 

No record found.