• (022) 8788 2588

M Rizka Faisal R (madcom13)

 

I was born in 11th of July 1991 in a small town called Bojonegoro, East Java, Indonesia.  The oldest son in the family of five, grew up in Balikpapan as a boy who loves to tinker just about everything to learn something new. A person who naturally wants and acts to set things right, either alone or together in a team.

English Japanese CorelDRAW Graphic Design Adobe PhotoShop 3D Modelling Arduino 3D Rendering Robotics Technical Analysis

  Hire Me
Make a Private Project


  Invite to Bid
Existing Projects


Display Name: M Rizka Faisal R
User Name: madcom13
Account Type: Personal Account
Date Registered: 09/05/2016 22:15:33 WIB
Provinsi: Jawa Tengah
Kabupaten: Kota Salatiga
Website: https://www.facebook.com/madcom13
Online Hours: 0.92
Projects Completed: 0
Current Projects: 0
Last Seen: 10/05/2016 00:14:19 WIB

Ratings & Rankings

As Worker
    
0.00/10.00
0 Point
#46,273 dari 67,314
0 Projects
As Owner
    
0.00/10.00
0 Point
#46,593 dari 67,314
0 Projects
As Seller
    
0.00/10.00
0 Point
#45,882 dari 67,314
0 Sales
As Affiliate
    
0.00/10.00
0 Point
#45,889 dari 67,314
0 Users

 

Services

 

No record found.

 

 

Products

 

No record found.

 

 

Portofolio

2009: Tugas pertama saya untuk membuat model 3D yang diberikan oleh kampus dalam mata kuliah Gambar Mesin. Tugas ini dikerjakan secara berkelompok.
Object yang dijadikan model adalah Razor Scooter (Skuter) yang saya miliki. Dengan begitu kami hanya butuh untuk memodelkan ulang benda nyata menjadi model 3D. Selain model, kami juga diharuskan mengumpulkan gambar teknik dari model tersebut.

2010: Tugas kedua saya semasa kuliah tentang pembuatan mesin sederhana. Pada tugas ini, kami diharuskan untuk membuat konsep hingga memproduksi mesin yang telah dirancang. Tema dari tugas tersebut adalah alat bantu produksi pangan. Sehingga dipilihlah sebuah ide dimana alat pemotong buah yang dapat digunakan untuk membelah buah berukuran besar.

Mesin ini telah dibuat dan dapat digunakan untuk memotong buah semangka dengan sempurna.

2010: Sebuah proyek pribadi untuk melatih kemampuan surface modelling dan juga mengembangkan budaya tradisional di Indonesia yang saya kenal.

Jaranan adalah sebuah konsep futuristik dari alat tarian tradisional Jaranan yang ada di Ponorogo. Ide dasar Jaranan diambil dari jet moto dan menggabungkan beberapa teknologi realistis yang telah berkembang, didapatkanlah rancangan sebuah kendaraan Ground Effect Vehicle yang cukup untuk merepresentasikan Jaranan aslinya.

2011: Sliding Gymbal Panoramic Timelapse Head, sebuah Head Tripod yang dapat digunakan untuk menggerakkan kamera dalam berbagai arah. Ide utamanya adalah membuat sebuah tripod head yang dapat berdiri sendiri maupun dikombinasikan.

Tugas ke tiga dari kampus ini mengharuskan saya untuk mendesain sebuah produk konsumen muali dari konsep hingga gambar produksi beserta estimasi biaya yang diperlukan untuk membuat barang tersebut.

2012: Sebuah rancangan yang diajukan dalam International Design Camp (IS-DEC) yang diselenggarakan oleh Chonbuk University of Korea.
Desain yang diajukan adalah rancangan reaktor skala rumah yang dapat digunkan untuk meng-ekstrak ethanol dari biomassa dengan proses batch. Proses desain yang dilakukan meliputi konsep, perhitungan, permodelan, pembuatan mesin, pengujian, hingga didapat hasil akhir berupa ethanol.

Desain ini mendapat penghargaan Bronze pada IS-CAPS 2013

2012: Desain sistem casing dari differensial yang digunakan pada penggerak mobil Tim Mushika FSAE 2 (M02) setelah sebelumnya mengalami kegagalan akibat kebocoran yang disebabkon oleh kegagalan komponen.

Desain differensial ini merombak total desain yang digunakan sebelumnya. Pembuatan sistem ini meliputi konsep hingga produksi serta pembuatan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk keperluan lomba FSAE di Jepang. Hingga 2014, Sistem ini masih di gunakan pada mobil tersebut.

2013: Proyek desain dan produksi pertama yang saya lakukan untuk kepentingan perusahaan. Proyek riset yang diselenggarakan LITBANG-PLN ini membutuhkan sebuah rancangan sistem penggerak panel surya yang dapat mengikuti gerak matahari harian maupun bulanan. Dengan menggunakan aktuator sederhana dan rancangan sistem engsel, didapatkanlah bentuk akhir dari penggerak panel surya yang cukup optimal.

Proses desain meliputi modifikasi konsep dari referensi, produksi, hingga pengambilan data.

2013: Sebuah proyek deadline dari Departemen Perindustrian Jawa Barat. Ide awal dari proyek ini adalah membuat sebuah model traktor tangan yang dapat dimodifikasi dan diproduksi dengan bebas oleh Departemen Perindustrian. Karena itu, gambar teknik dan hak cipta model traktor ini harus dimiliki sepenuhnya oleh Departemen. Model ini rencananya (2014) akan digunakan untuk menyokong program 10000 traktor untuk petani jawa barat.

Proses desain meliputi reverse-modelling, optimasi, dan pembuatan ulang dari traktor tangan yang banyak beredar di pasaran

2014: Sebuah proyek untuk reverse modelling dari Taka Hydrocore, sebuah perusahaan pengadaan rig pengeboran untuk sampling di bidang tambang.

Tugas yang diberikan adalah membuat model 3D dan gambar produksi dari rig-rig tersebut. Pengukuran dilakukan pada saat mesin sedang beroperasi di Tanjung Weda - Halmahera

Jumlah mesin yang dimodelkan adalah 5 unit, belum termasuk dengan varian konfigurasi masing-masing mesin.

2014: Sebuah proyek engineering dari T-FILES dan AIMTOP, sebuah perusahaan kontraktor engineering untuk Proyek Pengembangan Gas Jawa dari PERTAMINA di Cepu, Jawa Tengah. Proyek ini sedang berlangsung dan ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2014

Pada proyek ini dibuat beberapa unit tangki proses yang cukup kompak, mudah untuk dimobilisasi, dan memenuhi standar bangunan Industri dan API. Perhitungan dimensi umum telah dilakukan oleh pihak AIMTOP dan tugas saya adalah membuat rancangan tersebut menjadi detail, memenuhi standar yang diajukan, lalu kemudian mengawasi proses produksinya.

2014: Proyek yang dilakukan bersama dengan rekan rekan Alumni Mesin ITB 2009 untuk membuat sebuah double paddle mixer yang akan digunakan pada industri pakan ternak di daerah Bandung. Proyek ini masih dalam pengerjaan dan diprediksi akan selesai pada akhir 2014 ini.

Mixer ini menggunakan desain yang telah dioptimasi untuk mempermudah proses perawatan dan juga pembuatannya.

2014: Sebuah proyek pribadi untuk melatih kemampuan surface modelling dan juga mengembangkan budaya tradisional di Indonesia yang saya kenal.

Arjuna pada KultrProjekt ini dibuat untuk merepresentasikan seorang legenda yang dikenal akan kelincahan dan keindahan parasnya. Konsep Arjuna ini dimaksudkan untuk memvisualisasikan karakter arjuna dengan tema yang futuristik. Konsep lain dari para Pandawa Lima juga akan menyusul apabila waktu luang tersedia

 

Peer Reviews as Worker

 

No record found.

 

 

Peer Reviews as Owner

 

No record found.