Musaka (Musaka)

 

 

Mahasiswa aktif D3 Teknik Sipil UGM - Yogyakarta (2018). Semenjak semester awal kuliah sudah berada dilingkungan praktis dalam industri AEC (Architecture Engineering & Construction). 

Selain untuk tambahan uang saku, goal yang paling utama adalah untuk belajar mengaplikasikan teknologi pengganti CAD yaitu BIM (Building Information Modelling) mengingat teknologi BIM masih sangat jarang di Indonesia sehingga perlu dicari secara mandiri. Dalam dunia praktis terkadang diperlukan skills lain diluar jauh dari disiplin ilmu yang dipelajari, but i finish it well and maybe not the best.

Izinkan saya membantu memenuhi permintaan pertama anda. Cukup bayar saya 50% dari total penawaran maksimal, hasil tidak memuaskan tolong jangan beri upah saya

Beberapa alat bantu yang saya gunakan untuk membantu anda: 

1. BIM Pack :

    a) Revit, software dasar BIM terkait desain dalam industri AEC

    b) Robot Structural Analysis Professional, untuk analisis struktur (seperti SAP 2000) 

    c) Fusion, untuk advance geomtery dan optimalisasi (sculpt modelling, topology optimization dst)

    d) Autocad Civil 3D, untuk land development (jalan, irigasi, penataan ruang dst)                                 

    e) Dynamo studio, teknologi pelengkap BIM (visual programming) untuk pekerjaan kompleks          

    f) BIM 360, teknologi cloud untuk bertukar data. Owner dapat melihat progress hingga tingkat          detail secara real time (contoh dapat dilihat di gambar).

    g) Rendering software kategori menengah (gambar masih dapat dibedakan antara real dan         tidaknya) Lumion, Twinmotion, Revit Live, Vray 

    h) Rendering software kategori tinggi (gambar sangat nyata, orang umum tidak dapat         membedakannya, namun ada biaya ekstra untuk menyewa PC High Specs) 3Ds Max.

    i) ReCap, Reality Capture untuk menscan objek di dunia nyata secara 3D


2. Umum (Excel, Word, PowerPoint)


3. Editing Video (After Effects)

     

Architecture 3D Architecture 3D Modelling Microsoft Office Microsoft Excel 3D Rendering Analysis Render Engine Spt 3ds Max Civil and Structure Design SAP

  Hire Me
Make a Private Project


  Invite to Bid
Existing Projects


Display Name: Musaka
User Name: Musaka
Account Type: Personal Account
Date Registered: 30/11/2016 19:24:54 WIB
Provinsi: DI Yogyakarta
Kabupaten: Kota Yogyakarta
Website:
Online Hours: 9.84
Projects Completed: 0
Current Projects: 0
Last Seen: 06/04/2020 15:24:05 WIB

Ratings & Rankings

As Worker
    
0.00/10.00
0 Point
No Ranking
0 Projects
As Owner
    
0.00/10.00
0 Point
No Ranking
0 Projects
As Seller
    
0.00/10.00
0 Point
No Ranking
0 Sales
As Affiliate
    
0.00/10.00
0 Point
No Ranking
0 Users

 

Services

 

No record found.

 

 

Products

 

No record found.

 

 

 

2015: Desain warung kopi di daerah bogor

2015: Proyek renovasi SPBU, Bandung (kabupaten). Ini masih untung saya punya backup di Social Media, soalnya detil file ada di harddisk lama yang uda rusak. Jadi maaf kalo mau tau detilnya saya ga bisa nunjukin filenya, tp kalo ditanya langsung saya tau.

2016: Waktu pertengahan kuliah, saya dapet banyak rentetan proyek SPBU. Lokasinya ada yang di Majalengka, Madiun, satu lagi saya lupa daerahnya pokoknya sekitar jawa tengah.

Salah satu owner SPBU WNA, bos saya minta diberi perhitungan yang agak berbeda (katanya sih terserah, pokoknya keliatan wah gitu. hehe). Akhirnya saya memutuskan untuk ngasih report analisis Green Building Studio (report ada di gambar), dan syukurnya direspon baik oleh owner.

2017: RS Sentosa Jl Raya Kemang, Bogor. Berhubung pas lagi liburan semester 4 jadi bisa ikut dalam pelaksanaan dilapangan secara full. Malem gambar, pagi belanja, siang fabrikasi, sore pasang.

Maaf yang ini gak ada versi renderannya, soalnya tipe pekerjaannya cuma ngesub kontraktor (cuma dapat pekerjaan bagian depan saja) dan orientasinya ke pelaksanaan.

Ada beberapa bagian yang langsung direvisi pada bagian kanopi depannya saat pelaksanaan, jadi agak beda dgn desain, maklum dilapangan beda cerita.

2017: Skema umum perkembangan Teknologi dalam industri AEC. Sebenernya file asli berupa video penjelasannya, karena pada tugas akhir saya (lihat gambar sebelumnya) membutuhkan volunteer jadi saya buat video penjelasannya untuk volunteer tsb.

Kalau ingin mengetahui penjelasan lebih detailnya bisa buka link dibawah....

2017: Desain yang bagus perlu dukungan visualisasi yang baik. Tidak sedikit banyak desain secara teknis terbaik, namun kalah dengan desain yang biasa - biasa saja dengan visualisasi mumpuni beserta video presentasinya.

Kebetulan juga dari mulai SMA punya hobi buat video animasi (After Effects), dan ketika di-mix dengan BIM (Building Information Modelling) hasilnya kemarin sih owner sangat puas.

Link dibawah adalah salah satu output dari video presentasi / animasi (demo) yang saya maksud (kaitannya dengan industri AEC).

2017: Video presentasi dapat dilihat pada link (note, nomer hp bukan yang tercantum dalam video)

2017: Rumah sederhana 2 lantai ukuran tanah 9 x 11 m

2018: Bukan proyek real sih, ini kutipan project akhir saya tentang optimalisasi struktur. Gambar dibawah adalah screenshoot dari tahap optimalisasi awal dalam sambungan baja, yaitu analisis dengan metode elemen hingga (finite element)

2018: Bukan proyek rill sih. Ini salah satu dari rangkaian progress tugas akhir saya dimana pada tugas akhir ini saya menggunakan teknologi Visual Programming dalam pemodelan geometri kompleks.

Di Indonesia sendiri sangat sulit menemukan bangunan atau infrastruktur bergeomteri kompleks. Andaikan ada, yang saya tau menggunakan konsultan luar negri. Wajar saja karena SDM lokal sangat langka dengan kompetensi tersebut.

Karena hal tersebut, saya mengangkatnya dalam tugas akhir saya. Jika ingin mengetahui perkembangan teknologi yang digunakan di Indonesia dalam industri AEC, dapat dilihat pada gambar selanjutnya (sekalian aja saya upload deh, soalnya kebetulan udah bikin pas bikin tugas akhir. hehe)

2018: Penerapan teknologi Cloud. Terdapat 2 versi yaitu web dan hp. Pada contoh pertama (web) itu gara - gara saya ga bisa pulang (ada jadwal kuliah) buat presentasi jadi pake A360 dan saya bikin tutorialnya buat tim yang di Jakarta untuk presentasi. Kalau mau tau lebih, bisa dibuka linknya (sebenernya link buat tutorial tim saya dulu sih, hehe)

Sedangkan contoh yang ke-2 versi HP dari bekas proyek Rumah Sakit (screenshoot dari hp Galaxy Note 4). Emang ada hp tertentu aja yang pas buat dipake terutama yang ada S-Pennya. Tp bukan berarti ga bisa dibuka di semua hp.

2018: Proyek pemetaan dan desain jalan di Timor - Timor. Sebenernya bukan proyek saya langsung, ini proyek temen (dia yang dilapangan). Dia punya masalah sama pengolahan data dan ada beberapa masalah, minta tolong saya buat nyelesaikan.

 

 

 

No record found.

 

 

 

 

No record found.

 

 

 

Anda harus login terlebih dahulu untuk melihat data ini.

You must login first to see this data.