Pengalaman saya di desain grafis selama 4 tahun dengan pengerjaan seperti desain konten untuk sosmed perusahaan dan komunitas, desain proyek pembuatan landing page untuk campaign, desain konten website, desain buku dan buletin, sertifikat, desain printing pada permukaan barang (sablon dan cetak), desain konten produk marketplace, dan desain konten untuk ads. Saya terbiasa menggunakan tools PSD, Corel Draw, Ai, Canva. Sampai saat ini saya sudah mendesain 1000 desain lebih pada beberapa media seperti yang disebutkan sebelumnya.
Pengalaman saya di digital marketing selama 3 tahun dengan pengerjaan seperti pengelolaan marketplace mulai dari optimasi kata kunci, postingan produk (gambar dan deskripsi), review, engagement di chat, optimasi ads dan promo platform. Marketplace yang biasa saya gunakan yakni Shopee, Tokopedia, Lazada, Facebook Marketplace. Dengan pengalaman tersebut, saya bisa menghasilkan omset untuk perusahaan tempat bekerja saya sebelumnya dari platform Shopee yang naik hingga 1500%+ dalam 8 bulan.
Untuk SEO saya menggunakannya di optimasi artikel pada postingan produk dengan menggunakan kata kunci populer dan artikel di blog dengan cara input kata kunci yang dibidik dan internal link untuk menaikkan traffik secara organik (on page strategy). Dan penggunaan tools seperti Semrush, Ahrefs, Similar Web, Google Keyword Planner untuk riset kata kunci dan Screaming Frog untuk audit konten website. Hasil optimasi SEO pada blog pribadi saya bisa menghasilkan traffik sebanyak 65K+ selama 5 tahun terakhir.
Untuk SEM, saya menggunakan Google Ads untuk optimasi penjualan dan yang paling familiar digunakan adalah search ads. Riset kata kunci yang kuat dan copywriting yang menarik menjadi kunci utama dalam proses ini. Untuk FB/IG ads saya menggunakan meta ads dan hal pertama saya lakukan adalah dengan mensetup stuktur ads nya seperti apa dan tentukan goal ads nya mau seperti apa. Dan dalam performance marketing dibutuhkan ketelitian, kreatif, dan analisis yang baik dalam mengelola dan mengevaluasi hasil iklan yang didapat. Pengalaman saya dalam proyek saat masih belajar menggunakan Google Search Ads menghasilkan >2 % CVR dalam waktu 4 hari dengan budget terbatas.
Social Media Marketing menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi saya, membantu mengelola Instagram perusahaan (@anaria_souvenir) dan komunitas (@bumicholar) selama 2,5 tahun memberikan saya banyak pelajaran. Mulai dari menentukan problem statement untuk mengetahui social media goals yang bisa dihubungkan dengan goals marketing perusahaan, membuat konten yang sesuai target audien, riset kompetitor untuk insight, menentukan brand identity (brand personality, brand voice), menentukan content theme, content pillars dan timeline. Disini saya juga mengambil insight dari konten yang dibuat melalui data dari platform seperti berapa jumlah reach, engagement (like, share, comment, save), follower untuk akun dan tiap kontennya.
Saya telah memiliki pengalaman di desain dan digital marketing dan saat ini saya sedang menempuh pendidikan non formal melalui e-course yakni Revou dengan program Full Stack Digital Marketing. Dimana hal tersebut bisa membantu saya dalam menekuni bidang digital marketing sehingga bisa membantu klien agar bisa lebih puas dan terbantu ketika membutuhkan bantuan di bidang digital marketing.
Terima Kasih.
Salam hangat,
Adi Rachmawan
Full Stack Digital Marketer