Bye-bye Adobe Flash, Selamat Datang Modul Upload Baru yang Error-Less

 

  • Published by WiroHardy
  • 17/06/2020 08:42:59 WIB

Sejak freelancer marketplace Projects.co.id diluncurkan hampir 6 (enam) tahun lalu, kami menggunakan Adobe Flash sebagai modul untuk melakukan upload. Jika Anda ingin mengubah foto profil (alias mengupload foto), Anda akan berhadapan dengan Adobe Flash. Jika Anda ingin mengupload file sebagai laporan akhir bahwa pekerjaan telah selesai, Anda akan berhadapan dengan Adobe Flash. Jika Anda ingin menyertakan file saat hendak mencari freelancer untuk menyelesaikan pekerjaan Anda, Anda pun akan berhadapan dengan Adobe Flash.

Intinya semua proses upload file ditangani oleh modul yang digawangi oleh Adobe Flash.

Dan Adobe Flash pulalah yang menyebabkan kami sakit kepala...

Bagaimana tidak? Adobe Flash dikenal memiliki banyak celah keamanan yang mengakibatkan sebagian besar (semua?) browser populer memblokir penggunaannya atau minimal secara default tidak mengaktifkannya kecuali pengguna benar-benar secara sadar memilih untuk mengaktifkan (meng-enable) nya. Akibatnya adalah sebagian pengguna kesulitan mengupload file dan/atau mengubah foto profil mereka bahkan dengan Adobe Flash Player sudah diaktifkan di browser.

Apakah kami tidak memahami issue ini dan oleh karenanya tidak peduli?

Kami memahami masalah ini dengan sangat jelas dan di sisi lainnya kami juga sangat peduli.

Masalahnya adalah... marketplace freelancer Projects.co.id adalah sistem yang kompleks dan penggunaan modul Adobe Flash untuk upload ada di mana-mana di dalam sistem Projects, serupa seperti darah yang mengalir di seluruh tubuh. Lakukan sedikit kesalahan maka keseluruhan sistem sangat mungkin broken alias error alias tidak berjalan.

Setelah mencari dan melakukan uji coba beberapa lama, akhirnya kami memutuskan untuk mengganti modul upload lama berbasis Adobe Flash dengan modul baru berbasis JavaScript.

Harus diakui, kami menikmati hasilnya dan tidak menyesal telah melakukannya!

Setelah dicoba beberapa waktu di test server:

202006165ee812fa6f540.jpg


202006165ee81375eb0bb.jpg


202006165ee813fbabd05.jpg


Akhirnya pada hari Sabtu, 13 Juni 2020 pukul 22:33 malam hari, secara resmi situs Projects.co.id menggunakan modul upload baru berbasis JavaScript menggantikan Adobe Flash.

202006165ee817e3a8319.jpg


Sedikit hal teknis, modul upload lama Adobe Flash menggunakan 38094 baris kode dan total 32 file, sedangkan modul upload baru JavaScript menggunakan "hanya" 443 baris dan 1 file:

202006165ee81a6d0dd57.jpg

Kode upload Adobe Flash adalah seperti berikut ini:

202006165ee81ab75f701.jpg


Sedangkan kode upload JavaScript tampak seperti di bawah ini:

202006165ee81ae2c3fc8.jpg


Fungsi yang sama tapi jumlah baris kodenya berbeda bumi dan langit.

Selamat datang modul upload JavaScript yang (semoga) error-free.

Selamat tinggal Adobe Flash. Terima kasih telah pernah menjadi bagian dari perjalanan panjang kami.

Untuk kesuksesan kita semua,
Teman-teman Anda di Projects.co.id


P.S
: Setelah melakukan serangkaian uji coba selama beberapa waktu, hampir dapat dipastikan bahwa jika Anda mengalami kendala saat upload, penyebabnya adalah kecepatan upload yang rendah. Beberapa kemungkinan solusi yang bisa dicoba adalah:

  1. Clear cache dan cookies di browser Anda, lakukan beberapa kali untuk memastikan. Selain itu, coba gunakan browser lain: jika saat ini menggunakan Google Chrome, coba ganti dengan Mozilla Firefox atau Opera dan sebaliknya. Iya, ini tidak ada hubungannya dengan kecepatan upload, namun dalam beberapa uji coba, cara ini cukup efektif terutama jika browser masih meng-cache modul upload lama berbasis Adobe Flash.

  2. Pastikan Anda sedang tidak mengupload file-file berukuran besar lainnya pada saat yang sama. Yang sering tidak disadari adalah upload backup WhatsApp yang berlangsung secara otomatis di belakang layar seperti tampak pada gambar di bawah ini. Untuk memeriksa hal ini, dari aplikasi WhatsApp, silahkan masuk ke menu Settings >> Chats >> Chat backup. Ini juga berlaku buat seluruh smartphone yang menggunakan wifi atau koneksi internet yang sama dengan Anda (contoh: smartphone Anda yang lain atau smartphone anggota keluarga yang tinggal serumah)


    202006175ee9720e12cbe.jpg


  3. Ganti dengan ISP yang kecepatan uploadnya cepat. Misalnya saat ini Anda sedang menggunakan wifi, coba gunakan mobile data. Sebaliknya jika sedang menggunakan mobile data, coba switch ke wifi.

  4. Cobalah beberapa waktu lagi. Misalnya Anda kesulitan mengupload di siang hari, silahkan coba upload di malam hari.



Projects.co.id adalah pasar online yang menyediakan lowongan kerja online dan melakukan transaksi jual-beli produk digital dan jasa (services) dengan aman.


2016030356d79763d2383.jpg


Comments