• (022) 8788 2588

Cara Memasang (Create) Project yang Baik dan Benar

 

  • Published by superadmin
  • 16/02/2015 17:08:52 WIB

[Update 12 November 2015: menambahkan daftar penyebab mengapa suatu project ditolak/tidak dapat dipublish]


Sebelum melanjutkan pembahasan, mari kita menyamakan persepsi terlebih dahulu. MEMBUAT/MEMASANG/MELELANGKAN PROJECT artinya Anda memiliki masalah yang ingin dibantu selesaikan oleh para freelancer. MEMBUAT/MEMASANG/MELELANGKAN PROJECT artinya Anda hendak membayar untuk solusi menyelesaikan masalah yang Anda hadapi.

Catatan: sebelum memasang project, Anda harus mendaftar (register) terlebih dahulu. Jika Anda belum mendaftar, silahkan mendaftar di sini atau membaca panduan cara melakukan pendaftaran di sini.

Anda tentu setuju bahwa tujuan utama memasang project adalah menemukan worker/freelancer yang tepat untuk menyelesaikan project Anda, dan hal tersebut dimulai dari saat Anda mengisi detil project di halaman Create Project.

(ada 2 (dua) macam jenis project yang bisa dipasang, yaitu Open Project  dan Private Project (via Service atau via Hire Me), baca tulisannya di sini ya)

Tulisan ini akan membahas tentang strategi mengisi form Create Project sehingga menarik perhatian dan minat para freelancer berkualitas. Anda tentu tidak ingin project Anda hanya menarik minat freelancer dengan kualitas menengah ke bawah, bukan? :)


2015021654e1b92f75ff6.jpg
2015021654e1b9530c049.jpg


Title (Judul)

Buatlah judul yang singkat, padat dan menarik. Contoh judul yang baik adalah "Membuat Website Company Profile", "Menulis 15 artikel tentang games dalam bahasa English", "Mau membuat logo" atau "Membutuhkan Jasa Pembuatan Website E-commerce untuk Produk Fashion".

Judul yang buruk adalah judul yang (super) pendek dan/atau tidak memberikan kejelasan sama sekali kepada pembaca, seperti "Website" atau "Artikel".

2015021654e1bad9d0ae3.jpg


Description

Kesempatan terbaik untuk menjelaskan detil masalah/job/project yang perlu diselesaikan oleh freelancer adalah di bagian deskripsi ini. Cantumkanlah detil project di kotak deskripsi ini. Yang perlu/dapat Anda cantumkan adalah:

  • ruang lingkup project;
  • spesifikasi (menu-menu yang harus ada, feature-feature yang harus ada, bahasa pemrograman yang harus digunakan, jumlah artikel yang harus ditulis, jumlah kata per artikel, artikel disimpan dalam format apa, artikel ditulis dalam bahasa apa, dll);
  • freelancer seperti apa yang Anda cari untuk menyelesaikan project ini (contoh: mampu menyelesaikan project ini dalam 14 hari kalender setelah bid diterima, menguasai bahasa C++, dsbnya);
  • Dilarang mencantumkan No HP, Pin BB, alamat email dan keterangan pribadi lainnya;
  • ketentuan (terms & conditions) Anda jika ada.


2015021654e1be1b506c8.jpg


Attachments

Jika Anda ingin menyertakan file untuk menjelaskan project Anda, Anda dapat menguploadnya sebagai attachment disini.


Finish Days

Isi dengan berapa hari Anda ingin project ini sudah harus selesai setelah Anda menerima bid dari freelancer dan setelah freelancer resmi dinyatakan boleh mulai mengerjakan project.

Ingat bahwa adalah hal yang wajar dalam pengerjaan project, finish day nya menjadi molor. Penyebabnya bisa banyak dan terkadang bukan semata-mata kesalahan freelancer.

Jika Anda MENGHARUSKAN project tersebut selesai dalam sekian hari, sebaiknya Anda mencantumkan dengan jelas dan tegas pada bagian deskripsi.


Project Class

Project Class menentukan range harga penawaran yang akan diperbolehkan oleh sistem. Worker/freelancer berhak mem-bid hingga maksimal 2 x max project class. Misalnya project class Anda adalah 500rb-5jt, maka untuk project ini freelancer berhak untuk memberikan penawaran (bid) hingga 2 x Rp 5jt = Rp 10jt.

Jika ragu-ragu di range harga berapa seharusnya Anda memilih project class, Anda dapat memilih "Open to Suggestions." Dengan open to suggestions, budget Anda tidak akan ditampilkan dan freelancer dapat mem-bid di harga berapapun yang menurut mereka pantas.


Published Budget

Published Budget adalah anggaran (budget) yang Anda sediakan untuk project ini dalam rupiah. Worker (freelancer) dapat menawar lebih rendah atau lebih tinggi dari budget ini. Jika ragu-ragu di harga/budget berapa yang pantas untuk project ini, Anda dapat memilih "Open to Suggestions" pada project class (lihat diatas). Dengan memilih project class open to suggestions, budget Anda tidak akan ditampilkan dan freelancer dapat mem-bid di harga berapapun yang menurut mereka pantas.



Channels

Pilihlah skill yang dibutuhkan oleh worker/freelancer untuk project Anda. Misalnya project Anda adalah project membuat website dan skill yang dibutuhkan adalah PHP, Web Design, Web Programming, CSS, HTML dan MySQL, maka pilihlah skill-skill tersebut seperti tampak di bawah ini:


2015021654e1bfdd3764c.jpg


Klik Save and Publish jika sudah selesai.

Project Anda akan direview oleh reviewer Projects.co.id dan Anda akan mendapat informasinya lewat email. Jika semua berjalan lancar, project Anda akan dipublish dan ditampilkan di https://projects.co.id/public/browse_projects/listing


[Update 12 November 2015: menambahkan daftar penyebab mengapa suatu project ditolak/tidak dapat dipublish]:
Jika post project Anda ditolak, baik itu di Return to Draft ataukah di Reject, dapat berarti bahwa project yang Anda post:

  • Berbentuk lowongan kerja (dengan gaji per satuan waktu, misalnya per bulan);

    (jika tetap membutuhkan worker/freelancer dengan pembayaran per bulan, Anda mungkin dapat "mengakalinya" dengan mencantumkan bahwa project ini adalah untuk pembayaran bulan pertama yang hire nya melalui Projects.co.id, seperti project iniini dan ini)

  • Mencari partner/co-founder;
  • Deskripsi terlalu singkat;
  • Scope pengerjaan tidak jelas, artinya tidak jelas kapan atau kondisi apa yang menyebabkan project ini dapat dianggap selesai;
  • Budget terlalu rendah / tidak masuk akal;
  • Melanggar ToS, misalnya project yang berhubungan dengan judi, SARA dan/atau pornografi;
  • Memasukkan contact pribadi Anda, misalnya mengandung no telepon dan/atau alamat email Anda;
  • Salah, seharusnya ingin melakukan bid (memberikan penawaran terhadap project yang sudah ada), malahan membuat (meng-create) project. Atau ingin menjual service atau produk malah meng-create project;
  • Menawarkan freelancer untuk melakukan penjualan yang komisi atau nilai projectnya berdasarkan jumlah produk yang berhasil dijual;
  • dll.


Mulailah memasang project Anda sekarang. Serahkan masalah Anda pada ribuan freelancer yang dengan senang hati akan memberikan penawaran terbaik mereka.


Untuk terus mendapatkan informasi bermanfaat, follow twitter kami ya di @projectscoid

Comments