• (022) 8788 2588

Freelancer, Reputasi Lebih Berharga daripada Uang

 

  • Published by superadmin
  • 14/03/2015 12:55:31 WIB

(Hampir) semua orang akan memeriksa reputasi Anda sebelum memberikan Anda kesempatan untuk bekerjasama. Ini berlaku di dunia online maupun offline, di bidang apapun.

Di dunia kerja online, reputasi Anda terpampang jelas di halaman profile. Siapapun yang hendak melihatnya dapat melakukannya.

Ada 2 (dua) hal penting sehubungan dengan ini:

1. Jangan pernah mendapatkan rating buruk di job/project pertama

Yang lebih tepat sebenarnya adalah: jangan pernah mendapatkan rating buruk di SEMUA job/project.
Jika Anda mendapatkan rating sempurna (5 bintang) untuk 10 project dan pada project ke-11, Anda hanya mendapatkan rating 2 bintang, secara rata-rata rating Anda masih akan sangat bagus. Namun jika Anda mendapatkan rating buruk di project pertama, Anda akan kesulitan mendapatkan project berikutnya. Menyedihkan, tetapi begitulah faktanya. Kebanyakan project owner tidak mau mempertaruhkan waktu dan uangnya untuk Anda, kecuali (semua hal ada pengecualian, tentu saja) Anda menawarkan sesuatu yang sangat istimewa (contoh: harga yang luar biasa murah) atau sang project owner tidak memiliki banyak pilihan karena biddernya tidak banyak.

Oleh karena itu, JANGAN BERIKAN PENAWARAN (BID) JIKA ANDA TIDAK BERNIAT DAN/ATAU TIDAK SANGGUP MENGERJAKAN PROJECT TERSEBUT, terutama di project pertama Anda.


2. Di awal-awal karir Anda, carilah reputasi terlebih dahulu, bukan uang.

Di awal-awal karir Anda ketika Anda belum memiliki rating sama sekali, Anda perlu mempertimbangkan untuk membangun reputasi (rating) terlebih dahulu. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara menawarkan harga yang relatif lebih murah (dibawah published budget) agar project owner tertarik untuk menerima bid Anda. 

Setelah Anda berhasil mengerjakan beberapa project dengan rating bagus, Anda dapat mulai menawar di harga lebih tinggi. Sebagian besar project owner akan menghargai penawaran Anda (meskipun Anda menawarkan harga lebih tinggi daripada sebagian freelancer) semata-mata karena rating Anda yang mendukung.


Tidak percaya? Lihatlah di Past Projects dan Anda akan melihat cukup banyak project yang dimenangkan diatas harga Published Budget terutama karena sang freelancer menpunyai nilai tawar relatif lebih tinggi karena memiliki rating (reputasi) yang bagus.


Untuk terus mendapatkan informasi bermanfaat, follow twitter kami ya di @projectscoid

Projects.co.id adalah pasar online untuk mencari freelancer Indonesia berkualitas dan melakukan transaksi jual-beli produk digital dan jasa (services) dengan aman.




Comments