• (022) 8788 2588

Tips untuk freelancer: Fast Respon: Kebiasaan Baik yang Memuluskan Banyak Hal

 

  • Published by WiroHardy
  • 24/02/2016 09:14:06 WIB

Dalam banyak kesempatan berbincang dengan project owner, kami mendapati satu fakta bahwa salah satu keluhan utama mereka adalah mengenai freelancer yang slow response.

Dalam banyak kesempatan, mereka mengakui bahwa sebenarnya deadline, harga dan terms & conditions lainnya dapat didiskusikan selama sang worker menunjukkan attitude baik berupa fast respon.

Lawan kata dari "fast respon" adalah "slow respon", yang sebenarnya masih jauh lebih baik daripada "no respon(se)".

Adalah manusiawi ketika situasi dan kondisi menjadi tidak menyenangkan, kita menjadi "malas" (dan oleh karenanya cenderung menunda hingga akhirnya "lupa") membalas pesan masuk. Namun sayangnya, tindakan ini umumnya tidak menyelesaikan masalah dan bahkan cenderung mengakibatkan kerusakan yang lebih parah: lawan transaksi kita marah, kita mendapatkan rating dan feedback buruk yang mencederai reputasi, pekerjaan yang sudah kita lakukan sebagian menjadi sia-sia sehingga mengakibatkan kerugikan waktu, biaya dan bahkan emosi.

Freelancer yang terus-menerus memenangkan project secara berkelanjutan mengerti pentingnya rating yang mereka dapatkan dari project owner sebelumnya. Itu adalah salah satu hal yang mereka jaga mati-matian.

Para freelancer sukses juga tampaknya sangat mengerti akan pentingnya komunikasi. Bahkan ketika tampaknya tidak ada yang perlu didiskusikan, mereka tetap mengirimkan "laporan" ke project owner SETIAP HARI (bahkan ada yang mengirimkan laporan lebih dari satu kali setiap harinya), dengan informasi yang tampaknya tidak bermanfaat seperti ini:


"Info Pak: hari ini masih mengerjakan modul yang kemarin"

"Hari ini belum mengerjakan apa-apa terkait project ini karena masih menunggu jawaban dari pihak xxx"

"Selamat pagi, Bu :) Kerjaan yang kemarin mentok karena blablbla. Besok saya coba carikan alternatifnya"


Tindakan sederhana itu membuat project owner (a.k.a pembeli) bahagia, feeling safe dan merasa nyaman karena mengambil keputusan  yang tepat telah memilih Anda sebagai worker.


Bahkan menghadapi masalah dengan jantan dan memilih mundur akan jauh lebih baik daripada menghilang dan tidak memberikan respon:

"Mohon maaf ya Pak/Bu, saya tidak dapat melanjutkan project ini karena blabla dan blabla. Mohon Bapak/Ibu dapat memilih worker lain. Sekali lagi mohon maaf ya :("


Sebagian freelancer baru muncul ketika project owner mengajukan arbitrase. Jangan lakukan ini. 


Apakah Anda freelancer yang fast respon? Jika tidak, mulailah dari sekarang :)

PS:

  1. Agar dapat "fast respon", gunakan alamat email dan nomor handphone utama Anda. Ubah di halaman My Account >> My Profile, kemudian klik pada tombol Change Email dan/atau Change Handphone. Pesan yang masuk ke email tersebut dapat direply seperti mereply email biasa tanpa perlu harus login ke Projects.co.id.

  2. Meskipun isi tulisan ini tampaknya ditujukan kepada para worker/freelancer, project owner, pembeli dan penjual service dan/atau produk digital juga perlu menggunakan prinsip yang sama. Jika Anda adalah seorang project owner yang membalas pesan freelancer setiap 3 hari, hampir dipastikan project Anda akan mengalami keterlambatan :)

Comments