
Dalam banyak kesempatan berbincang dengan project owner, kami mendapati satu fakta bahwa salah satu keluhan utama mereka adalah mengenai freelancer yang slow response.
Dalam banyak kesempatan, mereka mengakui bahwa sebenarnya deadline, harga dan terms & conditions lainnya dapat didiskusikan selama sang worker menunjukkan attitude baik berupa fast respon.
Lawan kata dari "fast respon" adalah "slow respon", yang sebenarnya masih jauh lebih baik daripada "no respon(se)".
Adalah manusiawi ketika situasi dan kondisi menjadi tidak menyenangkan, kita menjadi "malas" (dan oleh karenanya cenderung menunda hingga akhirnya "lupa") membalas pesan masuk. Namun sayangnya, tindakan ini umumnya tidak menyelesaikan masalah dan bahkan cenderung mengakibatkan kerusakan yang lebih parah: lawan transaksi kita marah, kita mendapatkan rating dan feedback buruk yang mencederai reputasi, pekerjaan yang sudah kita lakukan sebagian menjadi sia-sia sehingga mengakibatkan kerugikan waktu, biaya dan bahkan emosi.
Tindakan sederhana itu membuat project owner (a.k.a pembeli) bahagia, feeling safe dan merasa nyaman karena mengambil keputusan yang tepat telah memilih Anda sebagai worker.
Bahkan menghadapi masalah dengan jantan dan memilih mundur akan jauh lebih baik daripada menghilang dan tidak memberikan respon:
- Agar dapat "fast respon", gunakan alamat email dan nomor handphone utama Anda. Ubah di halaman My Account >> My Profile, kemudian klik pada tombol Change Email dan/atau Change Handphone. Pesan yang masuk ke email tersebut dapat direply seperti mereply email biasa tanpa perlu harus login ke Projects.co.id.
- Meskipun isi tulisan ini tampaknya ditujukan kepada para worker/freelancer, project owner, pembeli dan penjual service dan/atau produk digital juga perlu menggunakan prinsip yang sama. Jika Anda adalah seorang project owner yang membalas pesan freelancer setiap 3 hari, hampir dipastikan project Anda akan mengalami keterlambatan :)