• (022) 8788 2588

Arbitrase: Hukum Pihak yang Bersalah dan Pastikan Dunia Mengetahuinya!

 

  • Published by WiroHardy
  • 17/11/2016 09:18:46 WIB

Bersamaan dengan dibebaskannya biaya pengerjaan project/service dengan nilai <= Rp 100.000 akhir Oktober 2016 lalu, fitur arbitrase yang telah diperbaharui juga direlease.

Apa itu arbitrase? Kapan atau dalam keadaan bagaimana arbitrase digunakan?

Arbitrase adalah jalur terakhir penyelesaian sengketa antara project owner dengan worker/freelancer atau antara service seller dengan buyer dan merupakan fitur wajib bagi platform freelancing. 

Sebagai project owner atau service buyer, jika worker/freelancer/service seller tidak menyelesaikan pekerjaan seperti seharusnya, Anda menggunakan arbitrase. Sebagai worker/freelancer/service seller, jika project owner/service buyer terus menambah beban/scope pekerjaan diluar kesepakatan awal namun tidak menambah budget, Anda berhak menggunakan arbitrase.

Sudah lewat deadline namun project belum selesai juga? Boleh juga pakai arbitrase.

Intinya, arbitrase adalah jalan keluar darurat Anda jika project tidak berjalan dengan seharusnya.


20161116582bbdc562f7b.jpg



Ada 2 (dua) Jenis Arbitrase dan Kenapa Anda Perlu Mengetahui Perbedaannya

Contoh kasus:

Worker A memenangkan project "membuka password facebook yang hilang" dari Anda (Anda adalah project ownernya). Sebelum memenangkan project ini, rating worker A adalah 5/5 alias sempurna dengan 1 (satu) project done.

Anda meng-arbitrase worker tersebut karena telah (mencoba) menipu. Seharusnya ia membuka atau menemukan password lama Anda yang hilang namun ia malah membuatkan account baru seakan-akan account baru tersebut adalah account lama Anda.


1. Self Mediation

Self mediation adalah jika Anda sebagai penggugat mengisi angka selain angka 0 (nol) pada "worker receices" atau "owner receives" pada form Your Offer seperti terlihat pada screenshot di bawah ini:

20161116582bc00f17dad.jpg


Jika worker A sebagai pihak tergugat menerima penawaran (offer) Anda, maka arbitrase dinyatakan selesai. 

RATING WORKER A TIDAK TURUN/TIDAK BERUBAH, YAITU TETAP 5 OF 5 ALIAS SEMPURNA karena pada arbitrase self mediation pihak tergugat mendapat rating netral jika ia menerima penawaran (offer) penggugat. "Rating netral" artinya project ini tidak dimasukkan dalam perhitungan rating sehingga rating worker tidak berubah setelah project ditutup.

Kelebihan: cepat. Arbitrase dapat selesai dalam hitungan menit jika direspon dengan baik oleh pihak tergugat/pihak yang di-arbitrase.

Kekurangan: pihak tergugat akan mendapat RATING NETRAL yang berarti PIHAK TERGUGAT RATINGNYA TIDAK TURUN meskipun NYATA-NYATA PIHAK TERGUGAT BERMAKSUD MENIPU ANDA.

Dari contoh diatas jelas terlihat bahwa ARBITRASE SELF MEDIATION TIDAK TEPAT DILAKUKAN JIKA ANDA INGIN "MENGHUKUM" TERGUGAT DENGAN MEMBERIKAN RATING YANG BURUK KEPADANYA.


2. Diputuskan oleh Tim Arbitrator Projects.co.id

Arbitrase yang diputuskan oleh tim arbitration Projects.co.id adalah jika Anda sebagai penggugat mengisi angka 0 (nol) pada "worker receices" dan "owner receives" pada form Your Offer seperti terlihat pada screenshot di bawah ini:


20161116582bc1abd154e.jpg


Misalnya pada contoh kasus ini, tim arbitrator memutuskan bahwa pihak worker (tergugat) BERSALAH dan oleh karenanya tim arbitrator hanya memberikan rating 1 (satu) bintang, maka rating tergugat akan menjadi hanya 3 bintang (dari yang sebelumnya 5 bintang sempurna, yaitu (5 bintang + 1 bintang) dibagi 2 project). Selain pemberian rating yang rendah,  hukuman untuk pihak yg dipandang bersalah oleh Tim Arbitrator bisa juga berupa minus point. 

Untuk setiap satu kali panggilan arbitrase yang tidak dijawab, pihak tergugat akan dikenakan penalti -1 * (nilai project/100rb). Tim Arbitrator juga bisa mengambil alih proses arbitrase dan mengambil keputusan sewaktu-waktu jika ditemukan alasan kuat untuk itu.

Kelebihan: rating pihak yang bersalah akan berkurang (drastis) sehingga memberikan efek jera yang dapat akhirnya dapat melindungi pihak lain yang ingin berhubungan dengan pengguna tersebut.

Kekurangan: bisa lama prosesnya. Tergantung pada kecepatan respon pihak tergugat dan penggugat, peliknya permasalahan dan faktor-faktor lainnya, arbitrase jenis ini dapat selesai dalam beberapa menit tetapi bisa juga hingga beberapa hari terutama jika pihak tergugat mengabaikan panggilan arbitrase hingga 3 (tiga) kali. 

Pada dasarnya tim arbitrator dapat memberikan tiga hal untuk menghadiahi atau menghukum:

  1. Bagian (prosentrase) dari nilai transaksi (Rp), besarnya 0 - 100%
  2. Rating, 0 - 10, di mana 0 = netral (tidak diperhitungkan dalam rating user secara keseluruhan) dan 10 = 5 bintang
  3. Point, yang besarnya mulai dari -5 x (nilai project / 100rb) sampai dengan 10 x (nilai project/ 100rb)

Dari contoh diatas jelas terlihat bahwa ARBITRASE TANPA SELF MEDIATION TEPAT DILAKUKAN JIKA ANDA INGIN "MENGHUKUM" TERGUGAT DENGAN MEMBERIKAN RATING YANG BURUK DAN PENGURANGAN POINT REPUTASI SEMATA-MATA KARENA IA TELAH MEMBUANG WAKTU ANDA DAN/ATAU AGAR KOMUNITAS INI DAPAT MENJADI LEBIH BAIK LAGI DI MASA DEPAN.

Tipe arbitrase manapun yang Anda pilih, sejak akhir oktober 2016, keputusan arbitrase ditampilkan di halaman profile pengguna dan halaman detil project sehingga pihak yang berkepentingan bisa melihat track record user dengan lebih objektif seperti tampak pada screenshot di bawah ini:

20161116582bc642b62f1.jpg


20161116582bc65639797.jpg



Pasti bermanfaat!



LIKE facebook page Projects.co.id di sini dan follow twitter @projectscoid ya :)

Projects.co.id adalah pasar online yang menyediakan lowongan kerja online dan melakukan transaksi jual-beli produk digital dan jasa (services) dengan aman.




2016030356d79763d2383.jpg

Comments