• (022) 8788 2588

Deadline oh Deadline: Hal yang Perlu diketahui Tentang Deadline Pengerjaan Project

 

  • Published by WiroHardy
  • 22/09/2015 19:52:39 WIB

Beberapa kali project owner bertanya (dan meminta): project saya yang sedang running saat ini sebentar lagi akan mencapai tanggal deadline. Worker masih membutuhkan tambahan waktu. Tolong dong di perpanjang deadline-nya di sistem.

Kenyataannya, ketika deadline tercapai tetapi pekerjaan oleh worker/freelancer belum selesai, sistem tidak akan melakukan apapun. Sistem tidak akan mengirim email peringatan kepada worker. Sistem tidak akan menutup secara otomatis project yang berjalan tersebut. Sistem tidak akan melakukan APAPUN.


Jadi buat apa dong ada informasi deadline?

Saat membuat (create) project, project owner diharuskan mencantumkan deadline project. Deadline project adalah berapa hari yang project owner HARAPKAN project tersebut dapat diselesaikan oleh worker/freelancer setelah worker/freelancer mendapatkan notifikasi boleh mulai bekerja dari Projects.co.id.


(Sebagai catatan: freelancer baru akan mendapatkan notifikasi boleh mulai mengerjakan project SETELAH project owner menitipkan pembayarannya ke Projects.co.id)


Seperti kebanyakan hal di dunia ini, waktu deadline dapat dinego. Ada dua hal yang tidak terbantahkan dalam mengerjakan project (project apapun, bukan hanya project di Projects.co.id):

  1. Terkadang (seringkali?) project owner tidak mengetahui dengan jelas berapa waktu yang normal dan pantas untuk menyelesaikan project tersebut.

  2. Terkadang ada banyak hal yang baru muncul saat project dikerjakan yang perlu dikonfirmasi bolak-balik antara project owner dan worker sehingga mengakibatkan deadline menjadi molor, terutama jika project owner tidak membalas pesan dengan cepat. Jika project owner membalas pesan dari freelancer tiap 5 hari sekali, kemungkinan besar deadline tidak akan tercapai.

Karena itulah ketika deadline terlewati, sistem tidak akan melakukan apapun. Oleh karena itu baik project owner maupun freelancer tidak perlu meminta perpanjangan waktu deadline pada sistem. 

Tetapi sebagai worker/freelancer, Anda wajib membaca deskripsi project dengan jelas dan lengkap. Anda juga perlu mengkonfirmasikan hal ini langsung kepada project owner jika dibutuhkan, karena pada sebagian project, perihal deadline ini tercantum dengan sangat jelas:

2015092356026b3424bf1.jpg

atau

2015092356026b44b378e.jpg

atau

2015092356026b64e1b94.jpg


Dalam hal seperti diatas, jika Anda sebagai worker/freelancer melewati deadline, sudah pasti dan jelas bahwa project owner akan mengajukan arbitrase.


Jadi bagaimana jika saya ingin "komplain" karena deadline sudah terlewati tetapi project belum selesai juga?

ARBITRASE adalah jawabannya.

Gunakan arbitrase hanya sebagai cara terakhir jika dengan musyawarah tidak dapat mencapai kesepakatan.

Sejujurnya, kami tidak pernah menyukai arbitrase. Pada saat arbitrase, seringkali keputusan sulit terpaksa harus diambil dan itu sangat tidak menyenangkan. Sebenarnya, arbitrase tidak pernah menyenangkan bagi semua pihak: tidak menyenangkan bagi project owner, tidak menyenangkan bagi freelancer dan tidak menyenangkan bagi tim arbitrase projects.co.id. "Tidak menyenangkan", tapi itulah fitur yang harus ada untuk melindungi kepentingan Anda, pengguna tercinta kami.

Jadi project owner, hindarilah arbitrase sedapat mungkin. Pilihlah worker/freelancer dengan bijaksana :)

Bagi freelancer, kerjakan project dengan sebaik-baiknya ya :) Jangan menyalah-gunakan kepercayaan project owner. Dapatkan rating dan reputasi setinggi-tingginya karena itu akan menjadi salah satu investasi terbaik yang akan memuluskan Anda dalam memenangkan project-project berikutnya.


Jadi project owner tidak perlu meng-accept dulu pekerjaan freelancer yang belum selesai hanya karena sudah deadline di sistem?

Iya, JANGAN MENG-ACCEPT PEKERJAAN APAPUN YANG BELUM DISELESAIKAN OLEH FREELANCER  kecuali Anda benar-benar mengetahui apa yang Anda lakukan dan siap menerima resikonya.

Jikapun freelancer sudah melaporkan bahwa pekerjaannya sudah selesai, Anda perlu memeriksa terlebih dahulu sebelum Anda mengklik tombol "Accept Work", karena setelah Anda meng-accept work, sistem akan mengkreditkan pembayaran Anda ke account sang worker. Saat itu terjadi, kami tidak dapat lagi sepenuhnya melindungi Anda.

Comments