• (022) 8788 2588

Arbitrase: Rahasia Freelancer Akhirnya Terkuak

 

  • Published by WiroHardy
  • 10/07/2017 10:20:19 WIB

Seperti pernah disebutkan sebelumnya bahwa "tidak ada platform freelancing yang sempurna tanpa memiliki fitur arbitrase", sejak akhir Mei 2017 kami kembali merelease penyempurnaan fitur ini. Kini tidak ada lagi rahasia di antara kita.

Catatan detil kasus arbitrase kini dapat dilihat oleh umum. Untuk melihatnya, Anda hanya perlu login seperti terlihat di di bawah ini.

Pada halaman profile user, klik pada tab "Arbitrase":

2017070959623a73ec6bf.jpg


Jika belum login, maka akan terlihat pesan "Anda harus login terlebih dahulu untuk melihat data ini. You must login first to see this data.":

2017070959623ae4ed49d.jpg


Setelah login, pada tab "Arbitrase" akan terlihat daftar project yang masuk arbitrase untuk user tersebut:


2017070959623ca536bc5.jpg



Klik pada tombol "Show Details" untuk melihat detil kasusnya:


20170709596244fa43a0e.jpg



Jika Anda tidak menemukan tombol "Show Details" berarti project tersebut adalah Private Project. Sesuai namanya, "Private Project" adalah project yang bersifat private/pribadi antara project owner ke worker. Atas alasan privasi, pada private project informasi detil arbitrase tidak ditampilkan.

Bagaimana jika sebagai project owner Anda menemukan seorang worker/freelancer yang telah begitu banyak memenangkan project namun catatan arbitrasenya sangat sedikit atau bahkan tidak ada? Freelancer ini sangat pantas Anda pilih sebagai pemenang project Anda yang berikutnya!

Perlu disadari bahwa terkadang worker baguspun bisa memiliki catatan arbitrase, bisa jadi karena ownernya sulit dipuaskan atau memberikan pekerjaan tambahan di luar spesifikasi awal. Bisa juga worker di awal-awal belum mengerti betul tentang arbitrase dan segala konsekuensinya, sehingga ia sempat melakukan kesalahan di awal bergabung, namun seiring dengan bertambahnya pengalaman di Projects.co.id, ia banyak memperbaiki diri. Worker seperti ini juga layak untuk mendapat kesempatan.

Pada intinya arbitrase harus dilihat kasus per kasus, tidak lantas terkena terlibat arbitrase dapat dipastikan bersalah. Bahkan terkadang tidak ada pihak yg membuat kesalahan pun, arbitrase bisa ditempuh oleh kedua belah pihak sebagai jalan keluar yang saling menguntungkan.

To your success,
Teman-teman Anda di Projects.co.id


P.S: coba perhatikan bagaimana worker menjawab/merespon keluhan dari project owner: sering kali they reveal their true color. Apakah cara merespon mereka membuat Anda happy? Membuat Anda respek? Jika tidak, itu adalah alasan yang baik untuk mencari worker/freelancer lain.

Coba juga perhatikan bagaimana project owner merespon keluhan dari freelancer. Jika responnya tidak membuat Anda respek, mungkin ada baiknya Anda memilih untuk mengerjakan project dari project owner yang lain, terutama jika jadwal Anda sedang ketat.

Anda juga mungkin akan menemukan bahwa sebagian tergugat arbitrase (project owner maupun freelancer) sama sekali tidak menjawab panggilan arbitrase. Ini bukanlah tindakan yang dapat Anda apresiasi.



LIKE facebook page Projects.co.id di sini dan follow twitter @projectscoid ya :)

Projects.co.id adalah pasar online yang menyediakan lowongan kerja online dan melakukan transaksi jual-beli produk digital dan jasa (services) dengan aman.




2016030356d79763d2383.jpg



Comments