Update Agustus, September dan Oktober 2016

 

  • Published by WiroHardy
  • 25/10/2016 09:37:08 WIB

Seharusnya informasi update bulanan dipost setiap bulan, namun ada saja task-task penting yang pengerjaannya harus diprioritaskan terlebih dahulu sehingga memasuki Oktober 2016 ini, informasi update Agustus dan September 2016 belum juga dipost.

Kali ini kami menggabungkan update 3 bulan terakhir ini dalam satu artikel. Silahkan disimak dan semoga bermanfaat ya!

  1. Security Bug Ditemukan dan Diperbaiki
    Appzone, salah satu freelancer (dan project owner) terbaik Projects.co.id, berbaik hati melaporkan security bug yang ia temukan lengkap dengan solusinya. Terima kasih banyak ya :)


  2. Sistem SMS yang (Jauh) Lebih Reliable
    Seperti diketahui, notifikasi berupa SMS (selain email tentu saja) secara berkala dikirimkan ke Anda. Notifikasi SMS ini diantaranya adalah notifikasi secure code, notifikasi memenangkan project, notifikasi pembayaran dari project owner telah dilakukan, notifikasi arbitrase, notifikasi bahwa laporan akhir dari worker/freelancer telah dikirimkan, dll.

    Untuk keperluan mengirim SMS, selama hampir 2 (dua) tahun ini, kami menggunakan SMS gateway pihak ke-3. Sayang sekali layanan pihak ke-3 ini sangat tidak reliable: nama pengirim yang seharusnya tertera PROJECTS seringkali tertera atas nama lain dan SMS terkirim telat hingga berjam-jam, kadang-kadang bahkan tidak tiba di nomor handphone tujuan alias tidak ter-delivered. MAHAL PULAK :p

    Karena tidak menemukan layanan pihak yang ke-3 yang benar-benar reliable dan sesuai dengan kebutuhan, akhirnya kami "terpaksa" membuat sistem sendiri. Sistem baru ini telah beroperasi dan hasilnya jauh lebih baik: murah dan terkirim dengan (sangat) cepat.

    Oh ya, pengirim SMS nya bukan lagi PROJECTS ya, tapi dikirim dari nomor handphone "biasa" yaitu 0857 9558 9558. Simpan nomor ini di daftar contact Anda dengan nama "PROJECTS" ya :)


    20161025580ecc95d6f6c.jpg



  3. Ranking Worker/Freelancer per Kategori Project Kini Tersedia
    Beberapa waktu lalu kami menerima cukup banyak masukkan bahwa adalah tidak adil jika ranking worker/freelancer hanya ditampilkan secara global karena freelancer dibidang yang nilainya relatif kecil seperti penulisan artikel dan data entry tidak akan pernah berada di daftar ranking (yang prestisius) tersebut.

    Salah satu freelancer yang berbaik hati dan concern atas "masalah" ini memberikan masukan panjang lebar mengenai hal ini adalah javabika melalui topik di community yang kemudian berlanjut di email.

    Hasilnya adalah, sejak minggu lalu, tepatnya di pertengahan minggu keempat Agustus 2016, kami merelease ranking worker per kategori seperti tampak di sini.


  4. Project Ending: Cari Tahu Bagaimana Suatu Project Berakhir (Sukses, Gagal dengan Senyuman ataukah Gagal dengan Air Mata)
    Sebagai salah salah faktor penentu memilih worker/freelancer, Anda ingin memastikan bahwa calon freelancer yang hendak Anda pilih tidak terlibat arbitrase, atau setidaknya TIDAK SERING di-arbitrase. Keinginan ini dapat dimengerti dan dapat dimaklumi.

    Mulai bulan pertama September 2016, informasi mengenai bagaimana sebuah project berakhir ditambahkan pada setiap project di Past Projects.

    Informasi ini disebut Project Ending.

    Lebih detil mengenai hal ini dapat dilihat di sini.


    20161025580eccff31085.jpg


  5. Notifikasi SMS Tidak Lagi Dikirimkan Saat Service dan Product Dipublish
    Sebelum update ini, notifikasi SMS juga dikirimkan saat service atau produk Anda dipublish. Saat ini notifikasi via SMS untuk hal tersebut tidak lagi dikirimkan, tetapi notifikasi via email tetap dikirim :)


  6. Bid yang Masuk Dapat Diurutkan/Disortir
    Bukan rahasia lagi bahwa terkadang Anda sebagai project owner mendapatkan penawaran (bid) dari teman-teman freelancer hingga mencapai puluhan atau ratusan bid. Sampai tahap tertentu, ini dapat menyulitkan jika tidak tersedia fitur untuk mensortir bid yang masuk.

    Baru-baru ini, fitur untuk mensortir bid direlease. Bid yang masuk dapat disortir berdasarkan Date, Worker Rating, Matching Skills dan Bid Amount.

    Bagaimana caranya? Cari tahu selengkapnya di sini ya.


  7. Pantau Status Server Projects.co.id Secara Online Realtime
    Sebagai layanan yang melayani 62000 lebih pengguna terdaftar, kami memutuskan bahwa Anda berhak mengetahui kondisi server. Sejak awal Oktober 2016, informasi ini dibagikan secara online realtime (well, tidak benar benar realtime sih karena status ini di poll setiap 5 menit jadi ada jeda sekitar 5 menit) di status.projects.co.id.


    20161025580ecd2a66503.jpg


  8. Perbaikan Bug Ini Itu
    Seperti biasa, tidak ada aplikasi atau sistem yang sempurna: yang ada hanyalah aplikasi atau sistem yang tidak dimaintain dan terus dimaintain secara rutin. Kami memilih yang kedua. Tiga bulan ini cukup banyak bug yang ditemukan dan diperbaiki.




LIKE facebook page Projects.co.id di sini dan follow twitter @projectscoid ya :)


Projects.co.id adalah pasar online untuk mencari freelancer Indonesia berkualitas dan melakukan transaksi jual-beli produk digital dan jasa (services) dengan aman.


2016030356d79763d2383.jpg

Comments