Create Project: Langkah Mudah MENCARI FREELANCER Untuk Menyelesaikan Berbagai Pekerjaan

 

  • Published by WiroHardy
  • 11/07/2020 23:48:17 WIB

Mencari freelancer di freelancer marketplace Projects.co.id untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan adalah cepat, nyaman dan mudah.

Tergantung pada seberapa masuk akal budget dan seberapa memungkinkan perkerjaan yang Anda butuhkan untuk diselesaikan, seringkali Anda sebagai project owner (pemilik project alias pemberi kerja) hanya membutuhkan kurang dari 1 (satu) jam sejak Anda posting untuk mendapatkan banyak penawaran dari freelancer yang tergabung dalam platform Projects.co.id.

Ikuti langkah-langkah singkat di bawah ini ya...

langkah-mencari-freelancer-create-projec


Langkah ke-1: daftar di projects.id/newuser

Ikuti petunjuk di layar sampai selesai. Gampang dan cepat. Pendaftaran pengguna baru biasanya selesai dalam kurang dari 5 (lima) menit.

Tidak perlu membuat akun lagi Jika sudah memiliki akun. Anda dapat langsung masuk di projects.id/maumasuk tanpa perlu buat akun lagi.


Langkah ke-2: buka projects.id/cari-freelancer
Bisa dengan mengunjungi projects.id/cari-freelancer atau klik di Projects, kemudian klik di Create Project.

Sebutkan dengan jelas kebutuhan Anda di halaman tersebut. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam mengisi halaman ini, silahkan mengacu pada artikel Cara Memasang (Create) Project yang Baik dan Benar.

Untuk budget/biaya, silahan tentukan sendiri yang menurut Anda wajar dan masuk akal. Tidak perlu kuatir: setelah memasukkan budget/budget, nanti Anda tetap bisa nego dengan worker (penjual jasa) yang memberikan penawaran (bid).

Klik di tombol "Save and Publish" jika sudah selesai.


Langkah ke-3: periksa penawaran, interview worker, periksa rating & review worker
Periksa penawaran: biasanya kurang dari 1 (satu) jam atau bahkan kurang dari 30 menit sejak project Anda dipublish (setelah Anda melakukan langkah ke-2 di atas), akan ada banyak penawaran (bid) yang masuk. Anda dapat memeriksa bid-bid yang sudah masuk di My Account >> My Projects >> Show Bids. Selain itu, penawaran yang masuk juga akan dikirim ke email. Baca instruksi di email-email tersebut.


Interview worker
: sebelum memutuskan worker yang mana yang dipilih, tanya dan lakukan interview (kecil-kecilan) dulu untuk memastikan keseriusan dan kemampuan dirinya.

Masuk ke My Account >> My Projects >> Show Bids. Pilih worker yang ingin Anda tanya-tanya, kemudian klik Show Conversation. Ketik pesan Anda kemudian klik New Reply untuk mengirimkan pesan Anda. Selain itu Anda dapat berkomunikasi dengan worker dengan cara mereply email pemberitahuan yang masuk. Baca di sini untuk informasi selengkapnya mengenai metode berkomunikasi dengan worker.

Jika ingin melakukan negosiasi harga, Anda dapat melakukannya pada tahap ini. Jika worker sepakat dengan harga baru hasil negosiasi, silahkan meminta worker untuk bid ulang dengan harga baru yang telah Anda berdua sepakati tersebut.


Periksa rating & review worker: Periksa rating dan review worker yang rencananya Anda pilih. Apakah dia sudah pernah mengerjakan project sejenis? Apakah pemberi kerja (project owner) yang sebelumnya mempekerjakan dirinya puas? Apakah worker (penjual jasa) ini sering bermasalah? Bagaimana sikap dan tanggapan worker ini saat ada komplain? Apakah kasar dan tidak bertanggung jawab?

Caranya adalah masuk ke My Account >> My Projects >> Show Bids, klik username yang ingin Anda periksa. Lihat rating dan total project yang sudah dikerjakan di bagian "As Worker". Jika bintangnya belum berwarna alias masih abu-abu dan tertera "0 Projects" berarti worker tersebut belum pernah mengerjakan project apapun.

202007115f09ad2c3bff0.jpg

Keterangan gambar: worker yang telah menyelesaikan 156 project dengan rating nyaris sempurna (9.89 dari total 10)


Selanjutnya klik di bagian Peer Reviews as Worker. Lihatlah project apa saja yang sudah pernah sang worker ini kerjakan dan apa kata pemberi kerja (project owner) pada dirinya.

Di bagian Peer Reviews as Worker apakah terlihat banyak arbitrase? Arbitrase adalah sebutan untuk project gagal dan/atau sengketa. Anda tentu tidak ingin project Anda gagal bukan? Anda jelas tidak ingin memilih worker yang memiliki banyak sekali kasus arbitrase seperti terlihat di bagian Peer Reviews as Worker di halaman user profilenya seperti ini:

202007115f09b2aa1c748.jpg



Kemudian klik di Arbitrase. Di bagian ini semua project gagal yang dikerjakan oleh worker ini akan ditampilkan. Klik di tombol Show Details untuk melihat kenapa projectnya gagal dan bagaimana tanggap worker terhadap kasus gagalnya tersebut. Apakah kasar? Apakah tidak bertanggung jawab? Anda tidak ingin berhubungan dengan worker yang demikian, bukan?

202007115f09b6166f56e.jpg



Klik pada tombol Show Details, maka akan terlihat detil kasus arbitrasenya seperti tampak di bawah ini:

202007115f09b6240d685.jpg


Apakah respon worker di kasus arbitrase di atas menurut Anda adalah respon yang positif? Bagi saya pribadi, ini bukan tipe worker favorit saya. Jika saya jadi project owner, saya jelas tidak akan mau memilih worker dengan sejarah arbitrase seperti ini.

Arbitrase tidak selalu berarti worker yang salah dan tidak bertanggung jawab. Lihat pada bagian "Penyelesaian Arbitrase" untuk melihat pada kasus tersebut, berapa porsi dana yang didapatkan oleh worker. Jika worker mendapat > 50% berarti ada kemungkinan cukup besar bahwa kesalahan ada di pihak project owner, bukan di pihak worker.

202007115f09b781ab314.jpg

Keterangan gambar: hasil arbitrase dimana worker menerima 0% berarti worker bersalah dan tidak mengerjakan kewajibannya dengan baik!




Langkah ke-4: pilih worker (Accept Bid)
Di menu My Account >> My Projects >> Show Bids >> Pilih worker yang sudah Anda pertimbangkan dengan cermat >>> Accept Bid.

Langkah ke-5: lakukan pembayaran
Setelah memilih worker (accept bid) sesuai langkah nomor 4 di atas, Anda akan mendapat email pemberitahuan yang berisi instruksi pembayaran beserta kode unik dan total berapa yang mesti dibayarkan.

Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer, dapat juga menggunakan kartu kredit.

Transfer ditujukan ke rekening PT Panonpoe Media selaku pengelola Projects.co.id sesuai dengan informasi yang tertera pada halaman pricing. Apapun yang terjadi, jangan pernah transfer uang langsung ke worker karena berpotensi menyebabkan Anda tertipu yaitu pekerjaan tidak selesai dan uang Anda hilang. Transfer hanya ke rekening resmi a/n PT Panonpoe Media selaku pengelola Projects.co.id.

Jika worker tidak mengerjakan atau tidak sesuai kesepakatan, Anda bisa pilih worker lain atau Anda bisa memilih opsi uang Anda kembali. Setelah pengerjaannya selesai, baru dari PT Panonpoe Media transfer ke worker.

Jika Anda ingin mengetahui apakah uang Anda aman dan bagaimana Projects.co.id dapat melindungi kepenting Anda, silahkan merujuk pada tulisan Bagaimana Projects.co.id Melindungi Kepentingan Anda.


Langkah ke-6: project berjalan
Setelah pembayaran diterima, project akan mulai berjalan. Aktiflah berkomunikasi dengan worker agar project Anda dapat selesai sesuai harapan. Metode berkomunikasi dengan worker selengkapnya dapat di baca pada artikel Tiga Cara Berkomunikasi atau Membalas Pesan di Projects.co.id.


Langkah ke-7 sekaligus langkah terakhir: terima hasil kerja, berikan rating & review pada worker
Ketika worker yang Anda pilih menyediakan pekerjaan, ia akan mengklik tombol Report Done.
Sebagai project owner (pemberi kerja), Anda mengklik tombol Accept Work sebagai tanda bahwa Anda telah menerima seluruh hasil kerja sekaligus menyatakan bahwa project ini selesai.

Tombol ini hanya akan muncul jika worker sudah mengklik tombol Report Done sebagai laporan bahwa ia sudah menyelesaikan project.

Anda dapat menemukan tombol Accept Work di My Account >> My Projects >> Accept Work.

Hanya klik Accept Work jika Anda telah menerima seluruh hasil kerja worker. Setelah klik Accept Work, project ini akan DITUTUP dan dinyatakan SELESAI.

PERINGATAN PENTING: hanya klik “Accept Work” jika Anda telah terima seluruh hasil kerja worker dan tidak perlu ada yang direvisi lagi. Jangan pernah Accept Work jika pekerjaan belum selesai sepenuhnya karena setelah itu dana akan berpindah ke rekening worker.

Apapun yang terjadi, jangan termakan rayuan yang meminta Anda untuk Accept Work terlebih dahulu sebelum pekerjaan selesai sepenuhnya!

Setelah Accept Work, Anda memberikan rating dan review kepada worker. Sebaliknya, worker juga memberikan rating kepada Anda selaku project owner. Baik Anda maupun worker juga memberikan testimoni buat Projects.co.id.

Project dinyatakan selesai :)


Projects.co.id adalah pasar online yang menyediakan lowongan kerja online dan melakukan transaksi jual-beli produk digital dan jasa (services) dengan aman.



2016030356d79763d2383.jpg


Comments